Bagikan:

YOGYAKARTA - Pantai Ngunggah merupakan hidden gem baru bagi para pelancong di Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini berada di Kabupaten Gunungkidul.

Mengenal Pantai Ngunggah

Salah satu pantai di Gunung Kidul yang belum lama mencuri perhatian ialah Pantai Ngunggah. Terletak di daerah Kabupaten Gunung Kidul bagian barat tepatnya di Giriwungu, Panggang, Gunung Kidul. Perihal yang jadi daya tarik pantai ngunggah gunungkidul regency merupakan wisata yang asik buat memancing serta mencari rumput laut. Perlu diketahui di bawah karang pantai ini terdapat banyak rumput laut yang dapat ditemui.

Pantai ini sesungguhnya berupa tebing serta tidak begitu tinggi. Setelah itu di salah satu sisinya ada sisi pantai yang lebih landai dengan pasir putihnya. Panorama alam sangat menarik serta sanggup mencuri perhatian sebab berbeda dari pantai yang lain. Mayoritas orang-orang yang ke pantai ini memanglah mencari ikan ataupun rumput laut. Sebaliknya yang memang berkunjung buat wisata masih sangat jarang. Sehingga sangat aman buat menyepi serta mencari inspirasi.

Akses ke pantai ini lumayan susah sebab wisatawan wajib melewati jalan setapak yang rusak. Buat menggapai pantai ini, dianjurkan buat memakai sepeda motor dalam keadaan baik.

Buat mobil, aksesnya agak susah terutama bila mobil yang digunakan pendek serta jalan yang kecil, sehingga susah saat berpapasan dengan mobil lain. Bila tidak berhati-hati, pengendara kerap kali terjatuh sebab jalan yang licin. Setelah sampai di tebing untuk zona parkir, kita wajib jalan turun kurang lebih 400 m.

Tetapi, segala kesusahan tersebut bakal terbayar dengan panorama alam yang luar biasa indahnya. Tidak terdapat tarif parkir masuk ke pantai ini. Cuma saat akhir pekan dikenakan biaya parkir, sebab pada hari biasa tidak ada petugas yang berjaga.

Tidak hanya itu, para pedagang pula cuma berjualan pada saat akhir minggu. Jadi dianjurkan buat membawa makanan serta minuman sendiri bila berkunjung pada hari biasa.

Pantai ini masih cukup sepi, sehingga sangat direkomendasikan untuk pecinta camping. Cuma dengan membayar Rp 15.000 per tenda, mereka bisa camping dengan pemandangan tepi laut yang indah.

Walaupun belum ada listrik serta air di tempat tersebut, ada kamar mandi dengan air yang disimpan yang lumayan buat digunakan. Tempat ini sesuai buat menikmati matahari terbenam serta matahari terbit dari area parkir ataupun tebing.

Rute Pantai Nggungah

Rute paling dekat mengarah pantai ini dari pusat Kota Jogja dapat lewat Jalan Imogiri Timur terus saja hingga simpang Jalan Siluk. Kemudian ambil jalan ke Panggang, Gunung Kidul. Hingga di pertigaan jalan pusat Panggang kemudian ke kiri sampai perempatan JLS. Ambil arah barat sampai ketemu SD Pejanten yang ada di kiri jalur. Berikutnya ambil jalur yang ada di samping SD yang berbentuk jalan cor semen.

Terus saja sampai ketemu jalan tanah serta berbatu. Terus saja hingga akhirnya sampai di gubug kecil yang merupakan area parkir Pantai Ngunggah. Oh, jangan lupa membawa perbekalan secukupnya sebab memang sarana pantai ngunggah belum begitu lengkap termasuk keberadaan warung makan yang terbatas. Namun jangan biarkan keterbatan menghadang Kalian buat mendatangi Pantai Ngunggah.

Alamat: Klepu, Giriwungu, Panggang, Gunung Kidul Regency, Special Region of Yogyakarta 55872

Selain itu simak juga berita: “DKP DIY Uji Coba Operasional Pelabuhan Pendaratan Ikan gesing Gunungkidul”.

Jadi setelah mengenal Pantai Ngunggah lebih dekat, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!