Hidden Gem Bandung yang Cocok Banget Buat Healing
Hidden Gem Bandung (Instagram @riofauzi_)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Bandung adalah salah satu tujuan liburan utama masyarakat di Jakarta. Tak cuma udara yang adem, banyak juga hidden gem Bandung yang menarik untuk dikunjungi. Di mana saja hidden gem Bandung?

Hidden gem yakni sebutan untuk daerah-daerah yang masih belum banyak dikenal orang.

Baru-baru ini, banyak sekali hidden gem Bandung yang viral di media sosial.

Lalu apakah ada di Bandung? Yuk cari tahu bersama…

5 Hidden Gem Bandung

  • Sungai Cikahuripan

Sungai Cikahuripan sering kali disebut juga Green Canyon Mini. Cikahuripan sendiri diistilahkan sebagai air yang membawa kehidupan. Hidden gem Bandung ini sesungguhnya merupakan sungai yang airnya berwarna kehijauan. Sepanjang aliran Sungai Cikahuripan dikelilingi tebing yang membumbung tinggi. Perpaduan antara air sungainya yang hijau dan tebing inilah yang menjadi pesona utama Sungai Cikahuripan

Lokasi: Kampung Panyusupan, Desa Baranangsiang, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. 

Harga karcis: Rp10 ribu

  • Sanghyang Heuleut

Sanghyang Heuleut adalah danau yang airnya berwarna benar-benar bening. Air di danau ini berwarna biru kehijauan sehingga benar-benar indah dan menyegarkan. Di sekeliling danau terdapat bebatuan besar dan tebing yang membikin daerah ini sesuai banget disebut hidden gem Bandung terbaik. 

Tak cuma tempatnya yang cantik, Sanghyang Heuleut punya mitos yang menarik. Warga setempat percaya bahwa daerah ini digunakan bidadari mandi seperti legenda Jaka Tarub. 

Lokasi: Rajamandala Kulon, Cipatat. Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. 

Harga karcis: Rp10 ribu

Jam buka: 08.00 – 16.00

  • Bukit Moko

Apabila Anda cari hidden gem Bandung yang mempunyai suasana romantis untuk menghabiskan waktu bersama pasangan, cobain ke Bukit Moko, deh. Bukit Moko merupakan wilayah dataran tinggi di Bandung yang menawarkan sebagian titik menarik dari cafe, bangunan bersejarah, sampai destinasi alam. 

Pesona utama Bukit Moko berlokasi pada city night lightnya. Dari ketinggian puncak Bukit Moko Anda dapat mengamati panorama malam kota Bandung yang penuh gemerlap dan indah. 

Lokasi: Kampung Buntis Bokor, Desa Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. 

Karcis masuk: Rp15 ribu

  • Taman Langit Pangalengan

Seperti namanya, Taman Langit Pangalengan adalah wilayah liburan di Bandung yang menawarkan pemandangan dari dataran tinggi. Letaknya berada pada ketinggian 1.670 mdpl. Daerah ini benar-benar layak buat Anda yang mau berfoto atau sekadar jalan-jalan santai merasakan ademnya udara Bandung. Dari Taman Langit Pangandaran Anda dapat segera mengamati pemandangan gunung, kebun teh, perkotaan, sampai laut.  

Lokasi: Desa Sukaluyu, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Karcis masuk: Rp10 ribu

Karcis camping: Rp25 ribu

Jam buka: 24 jam

  • Tebing Gunung Hawu 

Tebing Gunung Hawu sesungguhnya merupakan tebing yang lazim diaplikasikan untuk berlatih panjat tebing. Wisata hidden gem Bandung yang satu ini menawarkan pemandangan pegunungan kapur yang benar-benar unik. Bagi yang menyukai menantang adrenalin tentunya Anda seharusnya cobain panjat tebing di sini. Tapi, buat yang pengen bersantai aja juga dapat, kok. 

Zona Tebing Gunung Hawu juga acap kali dibuat zona untuk camping santai. Atau buat yang nggak ingin berkemah, Anda juga dapat jalan-jalan di sini sebab panoramanya benar-benar memikat. 

Lokasi: Kampung Cidadap, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. 

Karcis panjat tebing: Rp100 ribu

Karcis hammocking: Rp150 ribu

Stone garden: Rp4 ribu

Jam buka: 08.00 –18.00

Jadi setelah mengetahui hidden gem Bandung, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!