Bagikan:

YOGYAKARTA - Layanan administrasi kependudukan semakin dipermudah dengan sistem digitalisasi. Kini masyarakat bisa mengecek akta kelahiran secara daring, sehingga, tidak lagi perlu repot-repot pergi ke kantor Dukcapil. Ada beberapa cara melihat akta kelahiran online yang bisa dilakukan. 

Sebelumnya, masyarakat yang ingin mengecek akta kelahiran harus mendatangi kantor Dukcapil untuk bisa melihat dokumennya. Proses ini tentunya cukup merepotkan bagi orang-orang yang jarak rumahnya cukup jauh dengan kantor Dukcapil maupun bagi mereka yang sibuk dan tidak sempat meluangkan waktu. 

Berkat peningkatan layanan Dukcapil menggunakan sistem online, kebutuhan tersebut bisa terfasilitasi dengan mudah. Lantas bagaimana cara melihat akta kelahiran online yang perlu dipahami oleh setiap orang?

Cara Melihat Akta Kelahiran Online

Mengecek akta kelahiran secara online dapat dilakukan melalui website atau email. Dengan menggunakan cara ini, proses untuk melihat akta kelahiran pun menjadi lebih mudah dan praktis tanpa harus membuang banyak waktu. 

Berikut ini beberapa cara mengecek akta kelahiran secara online yang bisa Anda praktikkan sendiri:

Cara Cek Akta Kelahiran Lewat Website

Anda bisa melihat akta kelahiran secara daring melalui website resmi Dukcapil. Namun perlu diperhatikan bahwa situs Dukcapil tiap daerah berbeda-beda. Jadi pastikan Anda mengakses laman Dukcapil sesuai dengan daerah tempat tinggal atau domisili. 

Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengecek akta kelahiran Anda secara online dari website Dukcapil:

  1. Silakan masuk ke laman resmi Dukcapil domisili Anda.
  2. Setelah berada di halaman utama situs, pilih menu Akta Kelahiran. Tulisan menu Akta Kelahiran mungkin akan berbeda tiap situs Dukcapil daerah.
  3. Kemudian isikan NIK di kolom yang disediakan.
  4. Setelah itu situs akan menampilkan data akta kelahiran.

Cara Cek Akta Kelahiran Melalui Email

Anda juga dapat melihat akta kelahiran secara online melalui layanan call center Dukcapil. Lakukan langkah-langkah berikut ini:

  1. Silakan membuka aplikasi email di ponsel atau komputer Anda. 
  2. Login menggunakan akun Google Anda. 
  3. Kemudian pilih menu Kirim Email.
  4. Kirim email ke [email protected] dengan subject email Cek Akta Kelahiran. 
  5. Di bagian isi, tuliskan maksud dan tujuan ingin mengecek akta kelahiran serta jangan lupa mencantumkan nama dan NIK.
  6. Lalu tinggal kirim email dan tunggu balasan dalam waktu 1x24 jam.

Cara Cek Akta Kelahiran Melalui Kode QR

Dokumen akta kelahiran memuat kode QR yang berada di pojok kanan bawah lembar cetak. Kode QR dalam akta kelahiran ini merupakan tanda tangan elektronik yang dijadikan sebagai tanda keaslian data atau pengganti tanda tangan dan cap basah. 

Cara mengecek akta kelahiran dari kode QR tidaklah rumit. Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk melihat akta kelahiran melalui kode QR:

  1. Pertama Anda harus mengaktifkan fitur kode QR di ponsel
  2. Kemudian hubungkan dengan www.dukcapil.kemendagri.go.id
  3. Apabila akta kelahiran tersebut asli maka akan muncul tanda centang warna hijau
  4. Sedangkan jika dokumen tersebut palsu maka tanda centang yang muncul berwarna merah. 

Layanan Dukcapil yang Dibuka secara Online

Dukcapil telah menyediakan layanan administrasi kependudukan secara online untuk berbagai keperluan. Selain dapat mengecek akta kelahiran, masyarakat juga bisa menggunakan layanan online untuk mengurus dokumen lain seperti akta kematian, kartu keluarga, surat pindah, dan lainnya. 

Dengan adanya layanan online ini, masyarakat tidak perlu mengantre lagi untuk mengurus dokumen-dokumen di atas. Setelah menggunakan layanan online untuk melihat dokumen, Anda bisa mencetak sendiri dokumen tersebut dari rumah. 

Demikianlah cara melihat akta kelahiran online yang perlu dipahami oleh setiap orang. Bagi Anda yang sedang butuh untuk mengecek akta kelahiran, cobalah menerapkan salah satu dari beberapa cara di atas. Baca juga syarat pecah KK dan cara mengurusnya

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.