Sering Jerawat di Area Leher? Kenali 5 Penyebabnya
Ilustrasi (Jevelin/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Jerawat tidak hanya muncul di area wajah. Jerawat pun bisa timbul di bagian leher. Biasanya, jerawat leher lebih sulit dihilangkan dan cepat meradang karena sudah bercampur dengan keringat. Buat Anda yang memiliki masalah ini, berikut VOI sajikan informasi terkait penyebab jerawat di leher.

Tidak menyeka keringat dan sering menyentuh leher

Saat keringat mulai membasahi bagian leher, segera ambil tisu kering untuk menyekanya. Jangan biarkan keringat yang bercampur bakteri ini terlalu lama berdiam di leher Anda sebab ini dapat memicu timbulnya jerawat. Selain itu, jangan juga biasakan memegang leher. Pasalnya, kotoran yang ada di tangan Anda bisa berpindah ke leher dan membuat tumbuhnya jerawat.

Hormon yang tidak seimbang

Penyebab tumbuhnya jerawat leher juga bisa disebabkan karena ketidakseimbangan hormon. Misalnya, saat kehamilan atau menjelang datang bulang, produksi hormon estrogen jadi meningkat sehingga ini dapat menyebabkan munculnya jerawat leher.

Tidak membersihkan bagian leher

Biasanya orang hanya fokus membersihkan wajah hingga lupa membersihkan leher. Padahal, leher juga sangat rentan akan penumpukan kotoran dan bakteri. Pori-pori yang tersumbat dengan beragam kotoran inilah yang mengakibatkan jerawat. Nah, jika Anda tak ingin leher berjerawat, jangan lupa bersihkan leher dari sekarang, ya!

Jarang melakukan eksfoliasi leher

Sama dengan wajah, leher pun perlu dieksfoliasi agar kulit leher halus. Jika jarang dieksfoliasi, leher rentan tumbuh jerawat karena penumpukan sel kulit mati. Lakukan eksfoliasi setidaknya 3 kali seminggu.

Iritasi dari pakaian dan aksesoris yang dipakai

Jerawat yang muncul di leher juga bisa karena iritasi dari pakaian dan aksesoris yang digunakan. Kulit dan pakaian yang bergesek bisa menimbulkan iritasi. Ditambah, jika keringat tidak terserap dengan baik ke pakaian tersebut. Jadi, sebaiknya berhati-hatilah memilih pakaian dan aksesoris yang ingin digunakan.