Bagikan:

YOGYAKARTA – Tips menjadi solo traveler ke Thailand perlu disimak agar Anda dapat menyiapkan segala akomodasi yang dibutuhkan saat berpakansi ke Negeri Gajah Putih.

Solo traveler bermakna orang yang bepergian ke suatu tempat atau daerah sendiri tanpa dipandu atau bersama orang lain.

Sebagian besar traveler jenis ini sudah mempersiapkan segala hal agar tidak mengalami kejadian yang dapat mengacaukan perjalanan mereka.

Tips Menjadi Solo Traveler ke Thailand

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa tips yang perlu Anda perhatikan jika ingin liburan ke Thailand sendirian:

1. Siapkan baju yang nyaman dan sopan

Sebelum melakukan perjalanan ke Thailand, siapkan baju yang nyaman dan sopan. Mengenakan busana yang nyaman akan memudahkan Anda untuk beraktivitas di luar ruangan. Sedangkan pakaian yang sopan dapat melindungi Anda dari berbagai niat buruk seseorang. Selain itu, pakaian yang sopan juga harus digunakan ketika mengunjungi destinasi wisata, terutama saat akan memasuki kuil di Thailand.

2. Unduh aplikasi penerjemah

Tips yang kedua yakni memasang aplikasi penerjemah di smartphone. Aplikasi ini sangat berguna ketika Anda bertanya pada warga asli Thailand. Sebab, warga lokal cenderung tidak begitu mengerti bahasa Inggris. Dengan aplikasi ini, Anda bisa mengerti makna dari ucapan yang dilontarkan dalam bahasa Thailand.

3. Bawa perangkat charger portable

Saat solo traveling ke Thailand, Anda disarankan untuk membawa perangkat charger portable. Perangkat ini sangat berguna karena dapat digunakan untuk mengisi daya smartphone tanpa harus menghubungkan peranti pada outlet listrik.

Dengan begitu, Anda tidak akan khawatir kehabisan daya baterai saat sedang berkeliling di Negeri Gajah Putih.

4. Bawa uang tunai baik lembar dan receh

Pastikan Anda mempunyai uang tunai yang cukup ketika berkeling. Terlebih jika Anda menggunakan transportasi umum untuk bepergian ke tempat wisata.

Di Thailand, pembayaran transportasi umum banyak menggunakan uang receh. Tentu ini harus menjadi persiapan utama bagi Anda yang hendak menggunakan transportasi umum.

5. Teliti dan memilih tempat menginap

Teliti dalam memilih tempat menginap menjadi tips menjadi solo traveler ke Thailand yang berikutnya.

Anda harus benar-benar telitik ketika membaca ulasan tempat penginapan yang akan dituju. Selain itu, Anda juga perlu meminta saran pada mereka yang pernah ke Thailand untuk memperkaya informasi.

6. Selektif dalam memilih tempat makan

Bila Anda seorang muslim, Anda perlu selektif dalam memilih tempat makan. Sebab, di Thailand, ada banyak restoran yang menyajikan makanan non-halal.

7. Cek larangan yang harus dipatuhi saat ke Thailand

Karena Anda berwisata tanpa pemandu atau ditemani orang lain, Anda harus mengetahui beberapa larangan yang harus dipatuhi wisatawan saat ke Thailand. Beberapa larangan tersebut, yakni:

  • Jangan menghina raja atau keluarga kerajaan.
  • Jangan mencela Budha dan agama Budha.
  • Jangan menginjak mata uang Thailand.
  • Jangan membuang berkas permen karet sembarangan.
  • Tidak boleh sembarangan menyentuh kepala penduduk lokal.
  • Dilarang merokok sembarangan.
  • Jangan mengabaikan sapaan warga lokal.
  • Tidak menyakiti atau melecehkan hewan.

8. Bawa notes bolpoin, dan data diri

Terkesan sepele, tapi tips ini tidak boleh dilupakan saat akan berkeliling di Thailand. Sebab, Anda bisa jadi mengalami kendala ketika menggunakan aplikasi penerjemah. Dengan membawa notes dan bolpoin, Anda bisa mencari informasi tempat yang ingin dituju.

Demikian informasi tentang tips solo traveler ke Thailand. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.