Bagikan:

JAKARTA - Platform streaming Netflix digugat oleh seorang wanita asal Skotlandia yang menuntut kerugian mencapai 170 juta dolar AS atau Rp2,7 Triliun. Wanita bernama Fiona Harvey mengklaim karakter Martha dalam serial Baby Reindeer merupakan karakter yang terinspirasi dari dirinya.

Baby Reindeer menceritakan Donny (Richard Gadd) yang diikuti oleh seorang wanita (Jessica Gunning) yang berujung kepada kekerasan seksual dan kesehatan mental. Donny awalnya merasa bersalah karena tidak memberi minuman gratis ketika wanita itu saat mengunjungi bar tempat ia bekerja.

Namun berawal dari minuman tersebut, Donny mulai diikuti oleh wanita itu dan membuat Donny mulai mengalami kesehatan mental. Cerita ini merupakan pengalaman pribadi Gadd yang juga menjadi kreator dan pemeran utama.

Mengutip Variety, Harvey menyebut karakter Martha yang diperankan Jessica Gunning diadaptasi dari dirinya. Ia menggugat Netflix atas pencemaran nama baik, tekanan emosional, dan pelarangan publisitas.

Gugatan itu diajukan Harvey pada Kamis, 6 Juni ke Pengadilan Distrik California, Amerika Serikat. Mereka mengklaim Netflix melakukan pembohongan terkait serial tersebut.

“Kebohongan yang disampaikan oleh Terdakwa tentang Harvey kepada lebih dari 50 juta orang di seluruh dunia termasuk Harvey adalah seorang penguntit yang dua kali dihukum dan dijatuhi hukuman lima tahun penjara, Harvey melakukan pelecehan seksual terhadap Gadd. Terdakwa berbohong dan tidak pernah berhenti, karena cerita tersebut lebih baik daripada kebenaran, dan cerita yang lebih baik akan menghasilkan uang,” begitu dokumen yang diajukan Harvey.

“Sebagai akibat dari kebohongan, penyimpangan, dan tindakan sembrono Terdakwa, kehidupan Harvey telah hancur. Sederhananya, Netflix dan Gadd menghancurkan reputasinya, karakternya, dan hidupnya,” katanya.

Meski begitu, Harvey tidak menggugat Richard Gadd sebagai kreator sekaligus pemeran utama serial itu. Gadd juga menolak berbicara soal tuntutan itu.

Pihak perwakilan Netflix mengatakan, “Kami bermaksud membela masalah ini dengan tegas dan mendukung hak Richard Gadd untuk menceritakan kisahnya.”

Selain itu, mereka juga mengunggah video audisi Jessica Gunning untuk Baby Reindeer dan transformasinya berperan sebagai Martha.