Bagikan:

YOGYAKARTA - Ngomongin soal agama tentunya menjadi hal yang begitu menarik untuk di bahas, Apalagi jika bicara soal agama tertua di dunia ini, wah tahu gak kalian? Oleh karenanya, simak sampai selesai, ya!

Pasalnya, sederhananya agama bisa diartikan selaku suatu kepercayaan. Dalam kamus besar bahasa Indonesia, pengertian agama adalah sistem yang mengatur tata keimanan dan peribadatan kepada Tuhan serta tata kaidah yang berhubungan dengan pergaulan manusia dan lingkungannya.

Agar lebih menarik, kali ini kita akan membahas beberapa agama tertua di dunia, berikut penjelasannya:

Beberapa Agama Tertua di Dunia

Agama Hindu (Wisnu Widjojo-Unsplash)
Agama Hindu (Wisnu Widjojo-Unsplash)

I. Agama Hindu-7000 Sebelum Masehi

Bagi para ahli, agama tertua ataupun agama pertama dengan umur terpanjang yang pertama kali diketahui oleh manusia yaitu agama Hindu.

Sekitar 4000 tahun yang kemudian tepatnya di dekat lembah Sungai Indus, wilayah sekitar Pakistan.

Perkembangannya bermula semenjak masuknya bangsa Arya ke India pada tahun 1500 sebelum masehi serta membawa pengaruh besar di dalam tatanan masyarakat saat itu. Kitab suci umat Hindu merupakan Regweda yang sudah berusia nyaris 35.000 tahun.

II. Yahudi-6000 Sebelum Maseh

Yudaisme ataupun Yahudi ialah agama monoteistik tertua di dunia yang mulai dipercaya oleh bangsa Israel serta Yehuda.

Agama ini diperkirakan muncul pertama kali pada 6000 sebelum masehi tepatnya di Levant. Yahudi mengajarkan satu tuhan yang memerintah umat melalui perbuatan yang adil serta penuh kasih sayang.

III. Agama Buddha-2600 Sebelum Masehi

Budha termasuk agama tertua di dunia yang pendirinya merupakan Sidharta Gautama, pangeran dari Nepal lebih dari 2500 tahun yang lalu.

Pertama kali diyakini di daerah anak benua India tepatnya di wilayah Nepal modern saat ini. Di dalam perkembangannya, Budha terdiri dari unsur-unsur kebudayaan India serta kebudayaan hellenistik ataupun Yunani, asia Timur, asia Tengah, dan Asia Tenggara.

IV. Zoroastrianisme-1500 Sebelum Masehi

Agama tertua di dunia berikutnya yakni Zoroastrianisme dengan bukti arkeologis dari 1200 sampai 1500 sebelum Masehi. Kepercayaan ini berkembang di wilayah persil kuno yang saat ini kita yakin selaku negara Iran.

Di Iran sendiri, Zoroastrianisme diketahui dengan istilah Mazda yasna ataupun keyakinan menyembah ahura mazda selaku pembentukan Tuhan yang bijaksana.

Agama ataupun kepercayaan Zoroastrianisme mempercayai satu tuhan yang diucap dengan Ahura Mazda serta mereka bukan umat penyembah api, namun mereka mempercayai kalau api selaku perwakilan cahaya ataupun kebijaksanaan dari tuhan.

V. Konfusianisme-600 Sebelum Masehi

Agama tertua di dunia berikutnya ialah konfusianisme yang didirikan oleh Konfusius seorang anglisization dengan nama aslinya Kungfutzu ataupun Master Kung.

Konfusius awalnya tidak berniat mendirikan kepercayaan ataupun agama baru, namun dia tertarik menghidupkan nilai-nilai ajaran dan kepercayaan pada masa Dinasti Zhou kembali. Konfusianisme sangat mempengaruhi pada kehidupan spiritual serta politik masyarakat Tiongkok pada zamannya.

VI. Jainisme

Agama tertua di dunia ini diketahui pula selaku Konfutse oleh seorang filsuf ataupun guru sosial. Jainisme sangat kental dengan adat Tiongkok kuno serta mempercayai kebenaran telah diungkapkan pada waktu yang berbeda oleh Tirtankara ataupun nabi yang menggapai tujuan spiritual paling tinggi dari keberadaan dunianya.

Penganut keyakinan ini pula mempercayai 24 Tirtankara dengan tahapan terakhir bernama Mahavira pendiri Jainisme serta seorang Buddha kontemporer.

Mempunyai tradisi yang sama seperti Hindu maupun Budha yaitu tidak mempunyai satu teks agama yang dirujuk oleh para penganutnya.

VII. Taoisme-500 Sebelum Masehi

Keyakinan ini berasal dari ajaran Tao Te Ching yang ialah suatu buku pendek berisi ajaran Lao tzu. Taoisme menitikberatkan pada keharmonisan spiritual, kehidupan masing-masing individu, serta ritual keagamaan buat menggapai keabadian.

Agama ini terkenal sebab ajarannya memakai gagasan persatuan serta kebalikan atau Yin serta Yang.

Selain itu baca juga: “KPK: Korupsi Dilarang Agama Tapi Masih Tetap Dilakukan”.

Jadi setelah mengetahui agama tertua di dunia, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!