Bagikan:

YOGYAKARTA – Cara cuci botol bayi yang aman harus diperhatikan agar kebersihan tetap terjaga dan kesehatan si bayi tidak terganggu. Pasalnya, sistem kekebalan tubuh bayi masih dalam masa perkembangan sehingga cukup rentan terkena infeksi dari bakteri maupun virus. Dikhawatirkan botol susu tidak steril dapat sebabkan balita diare.

Cara cuci dot bayi anak bisa dilakukan dengan dua metode yakni secara manual atau dengan alat bantu sterilisasi. Simak penjelasan berikut ini.

Cara Cuci Botol Bayi

Cara cuci dot bayi dengan manual dilakukan dengan bahan-bahan sederhana seperti air hangat. Berikut ini langkah-langkahnya.

  • Sebelum membersihkan dot bayi diharuskan untuk cuci tangan lebih dulu menggunakan sabun dan air mengalir. Setelah itu keringkan tangan mengggunakan handuk yang bersih
  • Setelah itu sediakan air hangat, sabun, dan spons tersendiri
  • Mulai bilas dot dengan air hangat yang telah diberi sabun lalu gosok dengan spons. Sangat disaranankan menggunakan spons khusus dot untuk menghindari kontaminasi silang dari peralatan makan lain
  • Pastikan sudut-sudut digosok dengan spons hingga ke dalam botol bayi
  • Semprot lubang saluran dot dengan keran air agar kerak yang tertinggal di saluran dot benar-benar bersih
  • Bilas dot dengan air hangat hingga bau sabun hilang

Selain secara manual, cara cuci botol bayi bisa dilakukan dengan alat sterilisasi, baik tradisonal maupun mesin. Berikut langkah cuci dot susu bayi, dilansir dari AI Care.

  1. Sterilisasi dengan Direbus

Cara sterilisasi ini jadi yang paling mudah sekaligus aman untuk membersihkan dot bayi dari kontaminasi. Cara sterilkan dot bayi dengan cara direbus adalah sebagai berikut.

  • Rebus air hingga mendidih menggunakan panci bersih. Usahakan menggunakan panci khusus agar tak terjadi kontaminasi silang
  • Pastikan dot dicuci bersih menggunakan sabun lalu bilas hingga air sabun hilang beserta aromanya
  • Setelah itu masukkan dot bayi pada air mendidih tunggu hingga lima menit agar bakteri mati
  • Setelah itu matikan api dan tunggu suhu panci dingin
  • Ambil dot dengan tangan lalu simpan di dalam kulkas
  1. Mesin Sterilisasi

Saat ini ada banyak mesin sterilisasi alat bayi yang dijual di pasaran. Cara kerja alat ini adalah dengan menghasilkan uap air bersuhu tinggi sehingga bakteri bisa mati. Alat sterilisasi sangat mudah digunakan, praktis, dan aman sehingga alat bayi seperti dot atau alat makan bayi tetap steril.

  1. Sterilisasi dengan Microwive

Microwive juga dapat dipakai untuk sterilisasi botol bayi yang berbahan non-logam. Caranya cukup dengan memasukkan dot bayi ke dalam microwave selama beberapa menit. Keterangan durasi biasanya ada di alat bayi.

Setelah dirasa cukup ambil dot bayi menggunakan alas atau penjepit khusus agar tak melukai tangan. Setelah itu simpan di tempat yang kering dan bersih.

 Itulah beberapa cara cuci botol bayi. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.