Bagikan:

YOGYAKARTA – Contoh pembukaan pidato Islami biasanya diawali dengan pujian kepada Allah SWT, dan shalawat kepada Nabi Muhammad SAW.

Ketika menyampaikan pidato di acara keagamaan seperti pengajian, ceramah, khotbah, dan lain sebagainya; pembukaaan yang baik dan menarik merupakan kunci untuk mendapatkan perhatian audiens.

Dalam artikel ini, VOI akan memberikan beberapa contoh pembukaan pidato Islami. Untuk penjelasan selengkapnya, simak ulasan berikut ini.

Contoh Pembukaan Pidato Islami

Dirangkum dari berbagai sumber, Senin, 3 Juni 2024, berikut ini adalah contoh pembukaan pidato Islami yang bisa dijadikan sebagai panduan ketika mengisi kegiatan kegamaan.

1. “Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Innal hamdalillah, wassolatu wassalamu ala rosulillah sayidina Muhammad ibdi abdillah wa ‘ala alihi wahbimi wamawalah (amma ba’du).

Hadirin sidang majelis muslimin wal muslimat yang dimuliakan Allah SWT. Alhamdulillah, dengan izin Allah kita bisa berkumpul di masjid ini. Mudah-mudahan berkumpulnya kita di sini merupakan amal saleh sehingga kitab isa bertawasul dengan amal saleh tersebut. Berharap Allah jadika hari yang akan datang dalam kehidupan kita lebih baik dibandingkan hari ini. Insyaallah.

Berharap Allah jadikan hari yang akan datang dalam kehidupan kita lebih baik dibandingkan hari ini. Insyaallah."

2. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakuh. Alhamdulillah, was shalaatu wassalaamu alaa rasulillah, wa ‘ala aalihi sa sahbihi wa man walaahu, amma ba’du.

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kita kepada Allah SWT, yang telah memberikan kita limpahan rahmat, nikmat, serta Inayat, sehingga kita masih bisa menghirup udara di bumi Allah yang sangat luas ini.

Kedua, marilah kita senantiawa bershalawat kepada junjungan kita, Nabi Muhammad SAW, yang selalu kita tunggu syafaatnya di hari kiamat nanti.

3. “Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Alhamdulillah, Alhamdulillahilladzi arsala rasulahu bil huda wadinil haqq, liyudzhirahu ’aladdini kullihi, wakafa billahi syahiidaa. Asyhadu alla ilaha illallah. Wa asyhadu anna muhammadarrasulullah. Allahumma shalli ’ala sayyidina muhammadin wa’ala alihi washahbihi ajma’in. Amma ba’du.

Jamaah kaum muslimin muslimat rahimakumullah, marilah kita tidak henti-hentinya memanjatkan puji syukur kepada Allah karena dengan nikmat-Nya, Allah masih memberikan kita kesempatan untuk hadir dalam acara mulia ini.

Semoga dalam acara mulia ini, kita semua mendapatkan rahmat dan ampunan Allah Swt. dikarenakan Nabi Muhammad telah bersabda, "Tidaklah suatu kaum yang duduk di rumah Allah mereka mempelajari Al-Qur'an, mereka mempelajarinya, kecuali malaikat mengepakkan sayapnya.”

4. "Alhamdulillahilladzi an’amanaa bini’matil iimaan walislaam. Wanusholii wanusalimu ‘alaa khoril anam sayyidinaa muhammadin wa’alaa alihi wasohbihi ajma’iina imaa.

Tidak lupa shalawat dan salam tercurahkan kepada Nabi Muhammad saw. dan keluarganya, beserta sahabat. Semoga kita semua mendapatkan syafaatnya dan mendapat petunjuk hingga hari kiamat nanti."

5. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Alhamdulillaahi rabbil-'aalamiina, wash-shalaatu was-salaamu 'alaa asyrafil-anbiyaa-i wal-mursaliina, nabiyyinaa wa habiibinaa muhammadin, wa 'alaa aalihi wa shahbihi ajma'iina, wa man tabi'ahum bi-ihsaanin ilaa yawmid-diini, amma ba'du.

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kita atas kehadirat Allah SWT, yang telah mempertemukan kita dalam acara … dengan keadaan sehat wal afiat.

Shalawat serta salam tak lupa mari kita junjung tinggi kepada Baginda Nabi Muhammad saw. bersama ahlul baitnya, juga kepada guru-guru kami, orang tua kami, saudara kami, pemimpin-pemimpin kami, kaum muslimin dan muslimat, yang terdahulu maupun yang akan datang."

Demikian informasi tentang contoh pembukaan pidato Islami. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.