Bagikan:

JAKARTA - Pemimpin tertinggi Gereja Katolik Paus Fransiskus tiba di Masjid Istiqlal, Jakarta, dalam rangka pertemuan dengan sejumlah tokoh lintas agama, Kamis 5 September pagi. Paus Fransiskus disambut musik marawis, kolaborasi kesenian Timur Tengah dan Betawi.

Paus Fransiskus tiba di Masjid Istiqlal pukul 09.03 WIB. Kedatangan Paus disambut Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar dan berbagai tokoh lintas agama. Paus juga berkesempatan mengunjungi terowongan silaturahmi yang menghubungkan Gereja Katedral dengan Masjid Istiqlal.

Selepas momen itu, Paus bersama Nasaruddin Umar berjalan menuju tempat acara diiringi musik tradisional marawis. Musik kesenian islami tersebut dimainkan oleh anak-anak yang mengenakan pakaian adat khas betawi. Beberapa alat musik yang dimainkan, seperti gendang, dumbuk pinggang, dumbuk batu, simbal, hingga tamborin.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan ayat Al-Qur'an dan Injil menjelang penandatangan dokumen kemanusian bersama tokoh lintas agama. Dokumen tersebut akan menegaskan kesepakatan universal terkait isu-isu kemanusiaan.

Setelah pembacaan kedua kitab suci ini, akan ada pidato pembukaan oleh imam besar Masjid Istiqlal. Dilanjutkan pidato Paus Fransiskus yang diterjemahkan dalam bahasa Inggris. Setelahnya, ada pembacaan deklarasi lintas agama.