Kiat Jitu dari Chelsea Olivia untuk Menghadapi Anak yang Ngambek
Chelsea Olivia (Foto: Antaranews)

Bagikan:

JAKARTA - Menjadi orangtua bukanlah pekerjaan mudah. Setiap orang harus belajar dan menyesuaikan diri, termasuk aktris Chelsea Olivia. Di tengah pandemi COVID-19 yang menyebabkan anak- anak tidak dapat bersosialisasi atau pun playdate dengan leluasa, anak sering ngambek karena bosan, ketika bertemu teman tidak mau berpisah.

"Dulu Nastusha itu kalau ketemu sepupunya terus sepupu pulang, dia enggak pernah nangis. Sekarang ketemu sepupu atau temannya yang dateng ke rumah dan harus pulang, dia jadi nangis," kata Chelsea dikutip dari Antara, Kamis, 11 Maret. 

Melihat anaknya yang menangis karena harus ditinggal temannya, awalnya Chelsea dan Glenn Alinskie berpikir hal itu terjadi karena efek pandemi. Namun dirinya baru mengetahui bahwa sebenarnya di usia 4 tahun, anak- anak sudah mengenal arti pertemanan karena di usia tersebut anak sudah memahami komunikasi dua arah yang baik maupun bentuk timbal balik.

Untuk mengatasi kekecewaan yang dialami anaknya, aktris berusia 28 tahun itu justru memilih memberikan pengertian mengenai perpisahan kepada putri pertamanya.

"Kami kasih pengertian ke dia kalau temannya tidak hilang. Temannya itu pulang untuk istirahat, nanti kalau ada waktu lagi mereka bisa main. Baik di rumahnya atau sebaliknya," kata Chelsea.

Rupanya memberi pengertian itu adalah cara yang tepat bagi orang tua kepada anak- anak di usia 4- 5 tahun ketika tantrum melanda.

Dokter Miza Afrizal dari Rumah Sakit Ibu dan Anak Tumbuh Kembang Depok bahkan memberikan apresiasi kepada Chelsea Olivia karena memilih memberikan pengertian dibanding mengalihkan perhatian anak saat tantrum.

"Jadi pada saat anak kecewa atau pun marah, dia justru harus diberi pengertian yang sebenarnya. Misalnya dia tidak mau pisah sama temannya, ya itu harus dikasih tahu kalau temannya bukan hilang. Itu yang harus dilakukan, bukannya mengalihkan perhatian anak. Justru jika memberi pengalihan dia tidak akan mengerti hal yang terjadi dan justru dapat membuat masalah yang lebih besar," kata Miza.