Bagikan:

YOGYAKARTA – Dalam dunia parenting, orang tua harus mulai mengajarkan bassic manner untuk anak-anak bahkan sejak dini. Pembelajaran bassic manner atau tata krama penting dilakukan agar saat dewasa perilaku anak tidak condong pada barbarian.

Dilansir dari Splash Learn, pembekalan bassic manner untuk anak bisa dimulai sejak usia 5 atau 7 tahun. Di usia tersebut pembelajaran yang disarankan adalah melalui buku cerita dan media menarik lainnya.

Daftar Bassic Manner untuk Anak-anak

Ada beberapa tata krama paling basic yang bahkan harus diajarkan oleh semua anak tak peduli suku,  ras, bahkan agama. Berikut ini beberpapa bassic manner yang harus diajarkan orang tua.

  1. Ucapkan “Tolong”, “Terima Kasih”

Kesadaran untuk mengucap tolong dan terima kasih jadi tata krama paling dasar yang harus dilakukan oleh semua orang sehingga perlu diajarkan sejak dini. Dua kata ini penting bahkan dianggap sebagai magic word.

  1. Mau Mengakui Kesalahan

Denial terhadap kesalahan yang dilakukan oleh diri sendiri perlu dihilangkan. Sebaliknya, mengakui kesalahan untuk kemudian meminta maaf adalah tindakan yang patut dipuji. Bahkan mengucap maaf saat berbuat kesalahan akan menyelamatkan seseorang suatu saat nanti. Orang tua harus mengajarkan bahwa anak harus minta maaf saat melakukan kesalahan.

  1. Bertutur Kata yang Baik

Sayangnya perkembangan teknologi komunikasi yang pesat berdampak pada mudahnya anak-anak mengakses konten yang mengandung percakapan yang tidak pantas. Padahal penting bagi anak untuk belajar bassic manner berupa tutur kata yang baik, jangan mudah mengumpat, berteriak, atau menyapa orang lain dengan kasar.

  1. Izin Dulu Baru Ambil

Anak-anak kadang tertarik dengan barang yang bukan miliknya. Sebagai tindakan antisipasi, orang tua wajib mengajarkan tata krama bahwa jika ingin mengambil barang orang lain harus izin lebih dulu. Jika pemilik barang mengizinkan barangnya dipinjam, maka si anak harus mengucapkan terima kasih.

  1. Buang Sampak di Tempatnya

Jika anak ingin makan dengan pembungkus plastik atau kertas, orang tua wajib mendidik agar  pembungkus makanan dibuang ke tempat yang semestinya.

  1. Duduk saat Makan dan Minum

Anak-anak harus tahu bahwa makan dan minum harus dilakukan dengan cara duduk di kursi atau lesehan. Saat anak minum sambil berdiri atau bahkan jalan, atau saat makan sambil tidur, orang tua wajib menegurnya.

  1. Antre

Konsep antre tidak akan pernah dimengerti jika orang tua tak mengajarkannya sejak kecil. Biasakan anak untuk antre di tempat-tempat yang ia kunjungi seperti saat di playground atau ketika berada di swalayan.

  1. Mengutamakan Tangan Kanan saat Menerima atau Memberikan Sesuatu ke Orang Lain

Anak harus tahu bahwa saat mereka memberikan atau menerima sesuatu dari orang lain, maka diharuskan menggunakan tangan kanan.

  1. Merapikan yang Berantakan

Biasakan anak untuk merapikan benda yang ia bikin berantakan seperti kamar atau tempat tidur. Merapikan yang berantakan jadi bentuk tanggung jawab anak pada perilaku yang sudah ia lakukan sebelumnya.

  1. Tutup Mulut saat Bersin atau Batuk

Anak harus tahu bahwa saat ia bersin atau batuk, setidaknya mulut harus ditutupi paling tidak dengan tangan.

  1. Disiplin

Orang tua harus mengajarkan anak disiplin sejak dini. Orang tua harus tahu pentingnya mengajarkan disiplin diri pada anak.

Itulah beberapa bassic manner untuk anak-anak. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.