Harapan Iman J-Rocks di Hari Musik Nasional: Tata Kelola Musik Makin Sehat
Imanine (Instagram @imaninejrocksofficial)

Bagikan:

JAKARTA -  Imanine, vokalis sekaligus gitaris band J-rocks tak ketinggalan untuk mengungkap harapannya di Hari Musik Nasional.

Pria bernama lengkap Iman Taufik Rachman ini memiliki asa, tata kelola musik di Indonesia makin sehat. 

Selain itu, dia juga ingin musik dan musisinya mendapat penghargaan sebagaimana mestinya sehingga musisi bisa hidup makmur, aman dan tentram dari hasil karyanya.

"Tapi yang utama adalah dari hasil karyanya berupa royalti dan lain-lain. Jadi, penghasilan dari manggung cuma sebagai tambahan karena biar manggung itu bisa dibikin lebih eksklusif," kata Imanine kepada VOI.

"Kalau belakangan ini kan ritmenya kebalik, kebanyakan musisi nyari uang utamanya dari panggung. Alhasil, ngambil panggung banyak tapi terasa jadi kurang eksklusif kalau keseringan manggung apalagi di tempat yang sama," lanjut dia.

Imanine berharap, tata kelola musik di Indonesia bisa menyamai tata kelola musik di luar negeri. 

"Bikin karya terus rilis, trus manggung untuk kualitas yang terjaga dan tanpa manggung pun sudah bisa hidup dengan nyaman dan makmur," pungkasnya.

Hari Musik Nasional yang jatuh pada hari ini, Selasa, 9 Maret. Peringatan ini ditetapkan dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 10 delapan tahun lalu.

Hari Musik Nasional jatuh bertepatan dengan hari kelahiran Wage Rudolf Soepratman, pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya.