Selain Lezat, 6 Makanan Ini Juga Baik untuk Kesehatan Mata
Ilustrasi (Trang Doan/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Pandemi Covid-19 membuat aktivitas kita sedikit terbatas dan melambat. Segala hal harus dilakukan secara online. Akhirnya, durasi penggunaan gawai pun meningkat dari hari ke hari. 

Penggunaan gawai berlebih bisa memengaruhi kesehatan mata. Jika mata sudah terganggu, tentu saja kemampuan melihat pun semakin menurun. Untuk itu, menjaga kesehatan mata menjadi hal yang wajib diperhatikan di tengah situasi seperti ini. 

Salah satu cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata adalah dengan menjaga pola makan. Mengonsumsi makanan yang sehat dapat membantu merawat mata. Berikut berbagai jenis makanan yang dapat Anda konsumsi untuk menjaga kesehatan mata.

Biji-bijian

Biji-bijian seperti biji bunga matahari mengandung banyak nutrisi seperti asam lemak omega-3 dan vitamin E yang baik untuk memelihara kesehatan mata. Tidak hanya itu, vitamin dan nutrisi lain yang terdapat dalam biji-bijian mampu memperlambat pertumbuhan makula terkait usia.

Buah dan sayuran 

Wortel dan tomat sudah tidak perlu dikhawatirkan lagi khasiatnya untuk kesehatan mata. Selain keduanya, tomat, paprika, storberi, labu, dan jagung juga menjadi sumber vitamin A dan C yang sangat baik. 

Selain menjaga penglihatan, buah dan sayuran berwarna-warni ini juga membantu merawat mata dari berbagai penyakit.

Sayur berdaun hijau

Sayuran hijau seperti kale, bayam, sawi, dan kangkung mengandung vitamin C dan E tinggi. Kedua kandungan tersebut dapat mencegah penyakit mata bawaan dan jangka panjang seperti katarak.

Jeruk dan buah berry

Selain sayuran daun hijau, buah-buahan bervitamin C juga bagus dikonsumsi untuk mata. Rutin mengonsumsi jeruk dan buah berry dapat menjaga kesehatan mata serta meningkatkan penglihatan. Vitamin C pada buah jeruk dan berry pun membantu mengurangi risiko katarak dan degenerasi makula.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang polong hitam, lentil, dan almond adalah sumber bioflavonoid dan seng yang diperlukan tubuh untuk melindungi retina serta menurunkan risiko katarak. Mulailah mempertimbangkan untuk memasukkan kacang-kacangan dalam menu makan harian Anda demi penglihatan yang sehat.

Salmon

Ikan salmon mengandung omega-3 yang lebih tinggi dibandingkan jenis ikan laut lainnya. Studi menunjukkan bahwa rutin mengonsumsi ikan salmon dapat menghindari mata kering.