Bagikan:

JAKARTA - Masalah bau tak sedap di sepatu bisa sangat mengganggu, baik bagi diri sendiri atau orang lain di sekitar kita. Saat ini ada begitu banyak produk pilihan untuk menghilangkan bau sepatu, tapi salah satu yang paling terjangkau dan mudah digunakan adalah baking soda.

Ya, bahan yang sering ditemui di dapur ini memang punya kemampuan untuk menyerap bau, terlebih di sepatu yang lembab karena sering dipakai sehari-hari. Lalu, bagaimana cara menggunakannya? Dilansir dari The Spruce, Jumat, 3 Mei simak penjelasan selanjutnya.

Tips menghilangkan bau pada sepatu dengan baking soda

Taburi baking soda pada sepatu

Taburkan baking soda langsung ke sepatu yang ingin dibersihkan. Gunakan sekitar satu sendok makan untuk setiap sepatu atau lebih sedikit untuk sepatu besar. Goyangkan sepatu untuk menyebarkan baking soda. 

Diamkan selama 24 jam

Biarkan bubuk baking soda tetap berada di dalam sepatu selama 24 jam penuh agar soda kue memiliki waktu menyerap bau sepenuhnya. Jika Anda sedang terburu-buru, Anda dapat mempersingkatnya menjadi 12 jam atau semalaman.

Kibaskan sisa bubuk baking soda

Pastikan untuk menghilangkan sisa bubuk sebelum memakai sepatu. Jika sepatu masih berbau, Anda dapat mengulangi proses tersebut untuk menghilangkan bau yang tersisa.

Membungkus baking soda dengan kaus kaki

Jika tidak suka dengan sensasi "ngeres" di kaki, pilihan cara selanjutnya untuk mengatasi sepatu yang bau adalah membungkus baking soda dengan kaus kaki. Berikut langkah-langkahnya; 

  • Siapkan kaus kaki dan taburkan baking soda di dalamnya. 
  • Bungkus dan ikat sampai rapat dengan karet atau pita. 
  • Tambahkan beberapa tetes minyak esensial favorit untuk menambah keharuman sepatu. Letakkan di bagian dalam sepatu dan diamkan seharian. 

Baking soda yang sudah diikat di sepatu dapat disimpan lagi dan digunakan saat dibutuhkan.