4 Tips Membeli Barang Bekas dan Berkualitas
Ilustrasi Barang Bekas (Michael Morse/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Pasar barang branded bekas pakai atau barang second atau yang kini lebih dikenal dengan istilah preloved tampaknya tidak pernah surut peminat. Selain terjangkau dari sisi harga, mengoleksi barang bekas pun sangat diburu mereka yang senang mengoleksi barang vintage.

Nah, buat Anda yang tertarik berburu barang bekas berkualitas, sebelum mulai membeli mari simak dulu hal-hal yang harus Anda perhatikan saat memilih barang tersebut.

Bawa pakaian untuk perkiraan ukuran 

Tidak semua toko punya ruang ganti untuk mencoba pakaian. Anda pun mungkin malas dan ribet kalau harus bolak-balik mencoba pakaian, belum lagi takut baju-baju di sana masih kotor, kan? Biar tidak salah beli, Anda bisa bawa baju lain dari rumah buat menyamakan ukurannya di sana, terutama untuk celana. 

Teliti

Kalau sudah menemukan barang incaran, saatnya Anda cek setiap detailnya jangan sampai ada yang rusak, seperti bolong, jahitan lepas, sobek, atau bernoda. Kalau Anda tipe yang malas merombak pakaian, pastikan pilih semua barang yang kondisinya masih sangat oke tanpa cacat. Tapi, kalau niatnya buat dijahit ulang atau dikreasikan lagi, tidak masalah kalau ada noda atau bolong kecil asal memang sudah terbayang bagian cacatnya itu akan Anda buang atau tutup nantinya.

Persiapan matang

Sebelum mulai perburuan, Anda harus menentukan lokasinya dulu dan lakukan sedikit persiapan. Kenakan pakaian yang nyaman, santai, dan menyerap keringat. Selain itu, gunakan masker, bawa hand sanitizer, botol minum, tisu, tas belanja, uang cash, dan kipas angin kecil karena biasanya tempat penjualan barang bekas itu mirip pasar dan akan bikin Anda kegerahan. Percaya aja, semua perlengkapan yang Anda bawa nantinya akan sangat membantu aktivitas belanja.

Meluangkan waktu

Kunci dari membeli barang bekas adalah kesabaran. Anda mungkin akan menghabiskan waktu berjam-jam bahkan seharian keliling lokasi. Soalnya di satu toko saja, koleksi barangnya bisa sangat banyak dan semuanya layak untuk diperhatikan dengan seksama. Anda tidak akan pernah tahu bakalan menemukan barang apa di setiap tumpukan baju atau bahkan di rak-rak pojokan.

Kalau mau berbelanja, Anda memang harus super niat dan meluangkan waktu cukup lama biar lebih santai dan tidak tergesa-gesa.

Menawar

Jangan lupa tawar menawar sampai harganya cocok. Sudah jadi hal umum untuk menawar saat membeli barang bekas. Bahkan, kalau Anda memang pandai menawar, bisa-bisa barang incaran Anda jadi setengah dari harga asli. Kalau Anda tidak biasa dan malu-malu, bisa coba menawar 20-30 persen dari harga yang ditawarkan. Misalnya Rp100 ribu jadi Rp70-80 ribuan, lumayan, kan?