Apa Itu Produk Preloved yang Kerap Dijual di Online Shop
Apa Itu Produk Preloved (Gambar Racool Studio-Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Dalam bisnis fashion, terutama belanja online di online shop, kita mengenal terdapatnya sebutan preloved yang mempunyai harga biasanya dibanderol lebih murah daripada barang yang dijual di toko. Lalu, apa itu produk preloved?

Apa Itu Produk Preloved

Preloved ialah barang yang telah dipakai sebelumnya serta berpindah tangan ke orang lain. Preloved juga kerap diucap selaku barang secondhand. Singkatnya, preloved ialah barang bekas pakai yang dijual kembali dalam keadaan masih sangat baik serta layak.

Jadi memanglah betul barang preloved ialah barang bekas, tetapi masih mempunyai nilai jual yang tinggi. Hal ini dibuktikan dari banyaknya peminat barang preloved yang dijual secara online. Bila dulunya barang bekas dijual secara offline lewat lapak ataupun pasar, saat ini barang preloved laris manis di lapak online.

Tips Menjual Barang Preloved

Nah, bila Kalian tertarik buat menjual barang preloved, baik pakaian, sepatu, mainan serta sebagainya secara online, Kalian dapat menyimak langkah berikut ini.

1. Pastikan Barang Masih Layak Pakai

Sebelum menjual barang preloved, pastikan benda tersebut masih layak pakai. Sebab Kalian menjualnya secara online, maka pembeli tidak dapat melihat serta memegang secara langsung produk tersebut. Oleh sebab itu, cek kembali saat sebelum menjual produk serta hindari berbohong pada customer mengenai keadaan barang.

2. Pasang Foto serta Deskripsi Produk

Sehabis memastikan barang preloved layak buat dijual, foto produk tersebut sebaik mungkin. Pakai metode foto yang pas supaya nampak menarik. Sehabis itu beri deskripsi produk yang detail buat mempermudah para customer.

3. Berikan Harga yang Sesuai

Harga barang preloved sangat bermacam-macam. Bisa bergantung dari keadaan barang, mutu, serta pula mereknya. Oleh sebab itu, pasanglah harga yang sesuai dengan keadaan barang serta kondisi pasar.

4. Promosikan

Terakhir, promosikan barang preloved yang Kalian jual lewat sosial media. Bila promosi yang Kalian buat menarik, maka bakal ada banyak customer yang tertarik buat membeli barang preloved Kalian.

Keuntungan Membeli Barang Preloved

  1. Biayanya lebih terjangkau dari barang baru
  2. Kualitas masih bagus
  3. Ramah lingkungan
  4. Barang bermerek
  5. Turut Menolong Orang lain
  6. Merasakan Sensasi Berburu

Perbedaan Preloved serta Garage Sale

Seperti yang sudah disampaikan di atas, preloved artinya beberapa barang yang telah tidak terpakai lagi dengan mutu tinggi. Jual-beli barang preloved telah ada semenjak beberapa tahun silam. Tetapi, tata cara jual-beli ini baru terkenal semenjak tahun 2015 yang lalu, pada saat aktivitas belanja online semakin meroket. Walaupun berstatus selaku barang bekas, namun harga jual benda preloved masih lumayan tinggi. Terlebih barang tersebut berasal dari merk ternama serta masih dalam keadaan bagus.

Sebaliknya, garage sale merupakan sebutan yang diberikan untuk menjual beberapa barang tidak terpakai dalam rangka mengosongkan stok gudang. Sebutan garage sale kerap digunakan oleh toko- toko retail, terutama retail baju, tas, serta sepatu.

Berbeda dengan barang preloved yang sudah sempat dipakai, buat benda garage sale sama sekali belum sempat dipakai. Jadi, keadaan barang masih baru. Buat kualitasnya sendiri masih bagus, namun bisa jadi ada beberapa bagian yang rusak. Seperti bercak maupun kancing lepas dan seterusnya.

Masih berhubungan dengan preloved, baca juga: “Marketplace Jual Beli Barang Preloved Indonesia, Tinkerlust Luncurkan Aplikasi Selulernya.”

Jadi setelah mengetahui apa itu produk preloved, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!