Cara Membatalkan Pesanan di TikTok Shop, Langkahya Mudah dan Nggak Butuh Waktu Lama
Cara Berbelanja di TikTok Shop (kr-asia)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Aplikasi TikTok kini banyak digunakan untuk aktivitas jual beli online. Banyak sekali produk-produk yang dijual di platrom video pendek ini. Apakah anda pernah melakukan pembelian di TikTok, tapi ternyata barang yang anda beli salah? Jika terjadi seperti itu, bagaimana cara membatalkan pesanan di TikTok Shop?.

Kesalahan dalam melakukan pembelian pernah dialami oleh cukup banyak orang. Entah itu karena produknya salah, tokonya salah, salah ukuran atau jenis produk, dan sebagainya. Kesalahan pembelian ini bisa terjadi di berbagai platform jual beli online, termasuk TikTok. Namun sayangnya masih banyak yang belum tahu cara membatalkan pesanan di TikTok Shop.

Cara membatalkan pesanan di TikTok shop sangatlah mudah dan tidak memerlukan proses lama, baik saat setelah psanan dibayarkan dan sebelum pesanan dibayarkan. Simak langkah-langkah berikut ini.

Cara Membatalkan Pesanan di TikTok Shop Saat Belum Dibayarkan

Apakah anda melakukan kesalahan pembelian di TikTok Shope, tapi pesanan belum dibayarkan? Jika kamu sedang mengalaminya, berikut cara membatalkan pesananannya:

  • Buka aplikasi TikTok 
  • Masuk ke menu 'Profil'. 
  • Pilih/klik ikon tiga garis di sisi kanan 
  • Pilih/kllik menu 'Orders' di menu 'settings and Privacy'.
  • Pilih/klik produk di tab 'All'. 
  • Pilih/klik 'Cancel' di menu 'Awaiting payment'. 
  • Setelah itu, isikan alasan di kolom 'Tell us why you canceled'. 
  • Pilih/Klik 'Submit'. 
  • Jika proses berhasil, akan muncul notifikasi pembatalan pesanan.

Bagaimana, cara membatalkan pesanan di TikTok Shop saat belum dibayarkan sangat mudah bukan? Anda hanya perlu masuk ke menu pengaturan, melakukan pembatalan dan mengisi alasan pembatalan. Jangan lupa sampaikan alasan pembatalan yang jelas dan bisa dipahami. 

Cara Membatalkan Pesanan di TikTok Shop saat Sudah Dibayarkan

Pernah anda melakukan kesalahan pembelian, dan pesanan sudah anda bayar? Pasti anda sangat menyesalinya. Jika anda mengalami hal itu saat melakukan pembelian di TikTok Shop, ada beberapa cara untuk membatalkan pesanan. 

TikTok Shop belum menghadirkan fitur khusus untuk membatalkan pesanan yang sudah dibayarkan. Oleh karena itu, cara yang bisa anda lakukan anda menghubungi pihak seller. Lakukan komunikasi dengan seller dan sampaikan keinginan anda. Seller harus mendapatkan konfirmasi ke pihak TikTok dengan alasan yang jelas. 

Cara Menghindari Kesalahan saat Belanja Online

Kesalahan saat melakukan pembelanjaan online di TikTok  memang bisa diatasi dengan beberapa cara. Namun dibandingkan mencari cara membatalkan pesanan di TikTok Shop, lebih baik anda menghindari kesalahan pembelian.

Berikut ini cara menghindari kesalahan saat belanja online yang wajib anda tahu supaya nggak menyesal:

Baca dengan Teliti Deskripsi Produk

Salah satu kekurangan belanja melalui online shop adalah kita nggak bisa melihat/mengecek produknya secara langsung. Oleh karena itu yang harus anda lakukan adalah melihat keterangan deskripsi produk yang ditulis oleh seller. 

Biasanya seller akan menuliskan deskripsi produk secara lengkap, mulai dari jenis produk, bahan, ukuran, fiturnya, kelengkapan, cara perawatan, kelebihan, dan sebagainya. Pastikan produk yang akan anda beli sudah sesuai dengan incaran anda. Jangan sampai anda salah beli karena tidak teliti membaca keterangan deskripsi produk.

Membaca Ulasan dari Pelanggan

Sebagai pelanggan, kita mungkin tidak sepenuhnya langsung percaya dengan seller. Apalagi sistem transaksi dilakukan secara online. Namun anda masih bisa mengecek tingkat kepercayaan seller maupun produknya melalui kolom review.

Di kolom review ini anda bisa melihat ulasan dari pelanggan lain yang membeli produk di toko tersebut. Lewat ulasan pelanggan, anda bisa melihat bagaimana kualitas produk, pelayanan, dan sebagainya. Ulasan-ulasan tersebut bisa menjadi referensi anda agar tidak salah membeli barang. 

Memperhatikan kebijakan Pengembalian Barang

Setiap seller yang profesional biasanya akan menyampaikan penjelasan kebijakan pengembalian barang. Sebelum melakukan transaksi pembayaran, pastikan anda membaca kebijakan pengembalian barang terlebih dahulu. 

Mengetahui kebijakan pengembalian barang penting untuk mengatas terjadi suatu kesalahan saat proses penerimaan barang. Pastikan kebijakan pengembalian barang dari seller sudah jelas dan bisa anda terima. Jika anda sudah memahami dan menerima kebijakannya, barulah anda melakukan proses pembelian.

Itu tadi penjelasan cara membatalkan pesanan di TikTok Shop. Caranya cukup mudah dan tidak perlu waktu lama. Namun dibandingkan melakukan kesalahan dan tahu cara membatalkannya. Lebih baik anda menghindari kesalahan-kesalahan yang bisa terjadi saat belanja online. 

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.