Apa Itu Self Pity Party? Contoh Bentuk Mengasihani Diri Sendiri secara Berlebihan
Apa itu self esteem (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Self pity party merupakan pikiran berlebihan pada diri seseorang yang bisa mempengaruhi kondisi mentalnya. Istilah ini tengah ramai digunakan di media sosial dalam beberapa waktu belakangan. Namun belum banyak yang tahu apa itu self pity party dan contohnya.

Biar diartikan, self pity party merupakan bentuk pikiran maupun perasaan yang bisa berujung pada sikap negatif. Istilah self pity party muncul di media sosial seiring dengan tren kesadaran akan kesehatan mental dan pengembangan diri. 

Ungkapan self pity party banyak dibagikan oleh seseorang dengan memperlihatkan pengalaman pribadinya. Istilah ini menggambarkan seseorang yang mengasihi diri sendiri secara berlebihan. Jika kondisi ini terus dibiarkan atau berlarut-larut maka akan membawa dampak buruk jangka panjang pada kesehatan mentalnya. 

Apa Itu Self Pity Party?

Jika diterjemahkan dari bahasa Inggris, ungkapan self pity party memiliki arti perasaan mengasihani diri sendiri. Bentuk perasaan ini terbilang toxic bagi diri sendiri karena bisa menguras energi psikis seseorang dan mengaburkan pikiran-pikiran positif. 

Self pity party pada diri seseorang perlu diwaspadai karena menimbulkan sejumlah efek negatif pada self esteem atau penghargaan terhadap diri sendiri. Munculnya perasaan ini dapat mengurangi harapan, rasa syukur, kebahagiaan, hingga selera humor seseorang. Dalam kondisi ini, seseorang juga rawan mengalami depresi, cemas berlebihan, hingga perasaan hampa atau terisolasi. 

Setiap orang mungkin pernah mengalami rasa mengasihani diri sendiri. Kondisi ini bisa terbentuk ketika seseorang mengalami masa-masa sulit atau membandingkan dirinya dengan kehidupan orang lain. Namun jika perasaan berlebihan ini terus dipelihara maka dapat menjadi virus yang membahayakan perkembangan dirinya sendiri. 

Bentuk Self Pity Party

Self pity party bisa dalam bentuk mengasihani diri sendiri secara berlebihan terhadap keadaan kehidupannya seperti karier, status keluarga, ekonomi, dan lainnya. Setiap orang mungkin pernah mengalami dan berpeluang besar merasakan self pity party dalam menjalani dinamika kehidupannya masing-masing. 

Di samping itu, sebenarnya setiap individu juga tidak boleh terlalu keras terhadap dirinya sendiri. Diingatkan bagi siapa saja supaya tetap melihat ke dalam diri dan sadar diri dalam menghadapi kerasnya kehidupan. Namun jika sampai terlarut dalam perasaan self pity party maka tidak boleh dibiarkan menjadi kebiasaan. 

Mungkin seseorang yang mengalami self pity party tidak menyadari jika dirinya sedang dalam kondisi tersebut. Oleh karena itu, setiap orang perlu memiliki kesadaran diri dan self esteem untuk bisa mengontrol emosi dan pikirannya agar tidak terjebak dalam mindset toxic. 

Bagi Anda yang penasaran seperti apa contoh orang yang mengasihani diri sendiri secara berlebihan, berikut ini beberapa tanda seseorang self pity party:

Cenderung Berorientasi pada Masa Lalu

Orang self pity party bisa dibilang hidup di masa lalu. Mereka mengasihani diri sendiri karena terus-menerus menyesali pola pikir dan pengalaman di masa lalunya yang sudah terjadi. Hal ini membuat mereka tidak mau beranjak dari lumpur masa silam dan sulit fokus ke masa depan. 

Sulit Menertawakan Diri Sendiri dan Kehidupan yang Dijalani

Ciri-ciri lain dari orang self pity party adalah sulit menertawakan kehidupan yang sedang dijalani saat ini maupun yang sudah terlewati. Mereka terlalu serius dalam memahami kehidupan hingga tak membuka ruang untuk menertawakan kesulitan dan kegagalan yang dialami. 

Memiliki Rasa Rendah Diri 

Rasa rendah diri juga menjadi ciri-ciri dari orang self pity party. Ketika perasaan diliputi harga diri rendah maka mereka cenderung menginginkan penerimaan dan kasih sayang dari orang lain untuk merasa lebih baik. 

Mereka kesulitan menghargai dan bangga terhadap diri sendiri tanpa adanya dukungan dari faktor eksternal. Orang-orang yang rendah diri biasanya juga memiliki kepercayaan diri rendah dan merasa tidak layak untuk dicintai. 

Temperamen Melankolis

Tanda lain seseorang mengalami self pity party adalah kecenderungan temperamen melankolis. Orang-orang ini biasanya memiliki kebiasaan merenung dan introspeksi mendalam, namun ujung-ujungnya mengasihani diri sendiri secara berlebihan. 

Cenderung Mementingkan Diri Sendiri dan Egois

Orang dengan self pity party biasanya juga cenderung egois dan mementingkan diri sendiri secara berlebihan. Dalam beberapa situasi, mereka akan mudah merasa bahwa dirinya harus dipentingkan dibandingkan orang lain. Sebenarnya perasaan ini muncul sebagai pelampiasan karena mereka tidak ingin terpinggirkan atau dianggap remeh.

Demikianlah ulasan mengenai apa itu self pity party yang penting dipahami oleh setiap orang. Self pity party merupakan perasaan yang perlu dihindari karena bisa mengganggu kesehatan mental, yang pada akhirnya menurunkan produktivitas dan merusak kualitas hubungan dengan orang lain. Baca juga pengalaman hidup yang menyebabkan self esteem rendah

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.