Jangan Salah, Begini Urutan Pemakaian Serum dan Moisturizer
Ilustrasi urutan pemakaian serum dan moisturizer (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Mengaplikasikan skincare tidak boleh keliru urutannya. Apabila keliru, efeknya tidak maksimal bahkan bisa berisiko merusak kulit. Untuk memakai serum dan moisturizer atau pelembap, karena keduanya memiliki fungsi masing-masing, maka perlu dipakai dengan urutan yang tepat.

Serum biasanya mengandung formula yang ringan tetapi konsentrasi bahan aktifnya kuat. Biasanya, serum diaplikasikan tipis tetapi mudah sekali menyerap. Nah, ada berbagai bentuk serum berdasarkan bahan dasarnya. Ada yang berbasis air dan minyak. Jenis serum yang paling umum, termasuk asam hialuronat dan vitamin C.

Berbeda dengan serum, moisturizer memiliki formula yang lebih kental. Manfaatnya mengunci hidrasi dan mencegah kulit mengering. Fungsi utama pelembap, atau moizturizer, atalah secara alami melembapkan kulit yang biasanya mengandung bahan-bahan asam hialuronat, ceramide, minyak organik seperti macadamia, sweet almond, vitamin C, dan carrageenan.

urutan pemakaian serum dan moisturizer
Ilustrasi urutan pemakaian serum dan moisturizer (Freepik)

Beberapa pelembap ada yang menambahkan formula anti penuaan sehingga berfungsi ganda. Selain itu, ada pula pelembap yang sekaligus berfungsi sebagai serum berkualitas.

Serum yang memiliki formula lebih tipis sedangkan moisturizer yang lebih kental, bagaimana urutan dalam memakainya? Karena pelembap memiliki molekul yang lebih besar daripada serum, artinya pelembap tidak meresap ke dalam kulit secepat dan sedalam serum.

Menurut dermatology Neoleni Gonzales dilansir Byrdie, Senin, 22 April, serum dan moisturizer bisa dipakai bersamaan. Bagi Anda yang memiliki kulit rentan berjerawat, baiknya hindari serum berbahan dasar minyak. Sedangkan untuk urutan memakainya, aplikasikan produk skincare yang paling tipis hingga yang paling tebal.

Artinya, urutan memakai serum terlebih dahulu supaya bahan aktif yang terkandung terserap mendalam. Tunggu selama 30 sampai 60 detik sebelum mengoleskan moizturizer. Kenapa harus memberi jeda, ini supaya serum meresap terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan pelembap.

Sebelum memakai serum dan moisturizer, perhatikan petunjuk pemakaian dan kapan menggunakan secara tepat. Untuk serum berbahan dasar retinol, baiknya tidak dipakai pada pagi dan siang hari. Ini karena retinol dapat tereksitasi oleh sinar ultraviolet sehingga cara kerjanya tidak efisien.

Terkait