Bagikan:

YOGYAKARTA – Teknik geologi adalah bidang studi yang banyak mengkaji dan meneliti bumi dan komposisinya, struktur, sifat-sifat fisik, Sejarah, hingga proses pembentukannya.

Teknik geologi dulunya adalah jurusan yang identik dengan laki-laki, lantaran memiliki tugas-tugas yang berat dan sering terjun ke lapangan. Akan tetapi, seiring perkembangan zaman, saat ini ada banyak wanita yang menggeluti bidang studi ini.

Lantas, apa saja prospek kerja teknik geologi untuk wanita? Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

Prospek Kerja Teknik Geologi untuk Wanita

Dirangkum dari berbagai sumber, Kamis, 18 April 2024, berikut ini adalah beberapa prospek kerja teknik geologi untuk wanita:

1. Berkarier di perusahaan minyak

Lulusan teknik geologi dapat berkarier di perusahaan minyak, baik milik pemerintaah (BUMN) ataupun swasta.

Asal tau saja, bergabung dengan perusahaan munyak bukan berarti harus tejun ke lapangan. Anda bisa mendapatkan pekerjaan untuk mengolah data atau meneliti sampel yang ada di laboratorium.

Gaji yang ditawarkan oleh perusahaan minyak biasanya juga cukup besar, sehingga bisa membantu mencukupi kebutuhan keluarga.

2. Bekerja di laboratorium batuan

Prospek kerja teknik geologi untuk wanita yang berikutnya adalah bekerja di laboratorium bebatuan. Pekerjaan ini membuat Anda tidak perlu terjun ke lapangan secara langsung. Sebagai seorang laborat, Anda akan ditugaskan untuk mengidentifikasi spesimen batu yang ada.

Anda hanya perlu melakukan observasi dan cek apakah batuan tersebut asli atau tidak. Misalnya, batuan permata atau batuan berhaga lainnya.

3. Menjadi dosen

Selanjutnya, lulusan teknik geologi juga bisa berkarier sebagai dosen di perguruan tinggi atau Universitas.

Dengan menjadi dosesn, Anda bisa membantu mencerdaskan anak bangsa, punya kesempatan untuk kuliah S2 dan S3, serta mendapatkan gaji yang besar bila diterima di kampus ternama.

Selain itu, dosen juga termasuk pekerjaan yang mulia. Masyarakat di seluruh dunia menyadari besarnya peran seorang dosen untuk mendukung perkembangan semua aspek kehidupan. Pekerjaan mereka membantu orang lain yang tidak dikenal sekalipun untuk tumbuh dan berkembang.

4. Menjadi peneliti di LIPI

Lulusan teknik geologi juga punya kesempatan untuk berkarier sebagai peneliti di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Prospek kerja teknik geologi untuk wanita yang satu ini sangat menarik. Anda bakal menjadi seorang peneliti dan diharuskan untuk terjun ke lapangan sembari mengambil sampel.

Kendati harus terjun ke lapangan, pekerjaan yang Anda lakukan tidak terlalu berat. Setelah mengambil sampel, Anda akan menghabiskan waktu di laboratoium untuk meneliti sampel tersebut.

5. Berkarier di Kementerian

Wanita yang dinyatakan lulus dari jurusan teknik geologi juga dapat bekarir sebagai aparatur sipil negara (ASN) di pusat. Terkait hal ini, Anda bisa masuk di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Di sini, Anda bisa menganalisis dampak Pembangunan terhadap lingkungan dan pekerjaan lainnya.

 Bekerja sebagai pegawai negeri di Kementerian bisa membantu Anda mendapatkan jaminan dihari tua yang bagus, sebab Anda akan mendapatkan dana pensiun.

Demikian informasi tentang prospek kerja teknik geologi untuk wanita. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.