Prospek Kerja Teknik Mesin Produksi dan Perawatan
Ilustrasi jurusan teknik mesin (diskominfotik.bengkaliskab.go.id)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Tahukah Anda prospek kerja teknik mesin produksi dan perawatan saat ini masih terbuka lebar karena banyak lowongan kerja yang membutuhkan kualifikasi pendidikan jurusan tersebut. Oleh karena itu bagi siswa yang masih mempertimbangkan jurusan pendidikan di bidang mesin bisa memilih jurusan teknik ini.

Mengenal Teknik mesin produksi dan perawatan

Dalam situs Polines Teknik Mesin dikatakan bahwa teknik mesin produksi dan perawatan adalah salah satu program studi yang membantu melahirkan lulusan pendidikan dengan beberapa kemampuan, yakni sebagai berikut.

  • Merencanakan dan melaksanakan sistem produksi dan perawatan dengan basis teknologi informasi, serta
  • Melahirkan lulusan yang mampu beradaptasi pada perkembangan teknologi terbaru
  • Lulusan juga diharapkan mampu melahirkan karya inovatif terapan khususnya di bidang teknik mesin produksi dan perawatan.

Teknik mesin produksi dan perawatan secara umum mempelajari segala hal yang berkaitan dengan proses produksi. Di dalamnya mencakup perancangan maupun desain produk, proses produksi, hingga pengelolaan sistem manufaktur. Tak hanya itu jurusan ini juga belajar tentang perawatan serta perbaikan mesin perkakas dan mesin industri. Lulusan juga akan dibekali dengan sistem perawatan mesin.

Lulusan teknik mesin produksi dan perawatan merupakan sarjana sains terapan yang punya kompetensi di bidang manajerial, perawatan, hingga perbaikan kendaraan. Ada beberapa kompetensi yang dimiliki oleh lulusan di bidang teknik ini yakni sebagai berikut.

  • Punya kemampuan dalam merancang, menganalisis komponen mesin
  • Punya kemampuan dalam merancang kontruksi serta pengelasan logam
  • Punya kemampuan dalam merancang Jig and Fixture dan moud and dies
  • Punya kemampuan dalam menganalisis aperawatan dan perbaikan mesin perkakas konvensional maupun non-konvensional
  • Punya kemampuan dalam menganalisis perawatan dan perbaikan mesin-mesin industri
  • Punya kemampuan dalam merancang tata letak dan instalasi pabrik.

Prospek Kerja Teknik Mesin Produksi dan Perawatan

Seperti yang disinggung sebelumnya, lulusan teknik mesin produksi dan perawatan akan berkutat dengan mesin-mesin produksi. Tidak hanya berkaitan dengan pengoperasiannya namun juga perawatan yang mencakup perbaikan mesin produksi.

Lulusan teknik memiliki prospek kerja yang sangat terbuka lebar, tidak hanya di lingkup akademik namun di bidang industri. Berikut ini beberapa prospek kerjanya.

  1. Dosen Teknik

Jurusan teknik mesin produksi dan perawatan nampaknya akan semakin banyak diminati. Kondisi itu berdampak pada tingginya kebutuhan pengajar maupun dosen teknik mesin. Profesi sebagai dosen dituntut untuk mengajarkan teori maupun praktik sesuai bidang yang diajarkan.

  1. Engineer

Profesi engineer adalah profesi yang membantu menerapkan ilmu fisika ke kehidupan nyata, khususnya di bidang industri. Seperti diketahui, lulusan teknik mesin produksi dan perawatan dituntut untuk menguasai prinsip rekayasa yang dibutuhkan untuk merancang serta membangun konstruksi mesin serta alat bantu produksi. Dalam pelaksanaannya, engineer akan menerapkan bidang-bidang keilmuan sains seperti fisika maupun matematika.

  1. Kepala Produksi

Kepala produksi dituntut memiliki pengetahuan terkait mesin produksi yang digunakan sekaligus perawatannya. Hal itu dilakukan demi memudahkan pengawasan dalam proses produksi. Tak heran profesi ini banyak diisi oleh lulusan teknik mesin produksi dan perawatannya.

Itulah informasi terkait prospek kerja teknik mesin produksi dan perawatan. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.