Bagikan:

YOGYAKARTA – Teknik Fabrikasi Logam dan Manufaktur adalah salah satu program pendidikan yang bisa diikuti oleh pelajar. Jurusan ini cukup banyak diminati mengingat perkembangan industri fabrikasi logam dan manufaktur Tanah Air.

Artikel ini akan membahas jurusan Fabrikasi Logam dan Manufaktur yang saat ini banyak tersedia di sekolah kejuruan. Informasi yang tersedia mencakup pengertian hingga prospek kerjanya.

Teknik Fabrikasi Logam dan Manufaktur

Secara umum teknik Fabrikasi Logam dan Manufaktur adalah program pendidikan yang mempelajari perancangan, rekayasa, hingga perawatan mesin.

Teknik manufaktur bisa dipahami sebagai sebuah proses produksi suatu produk dalam skala besar dengan memanfaatkan mesin. Sedangkan teknik fabrikasi logam adalah proses produksi suatu produk yang dilakukan dengan cara menggabungkan berbagai komponen sehingga lekat dengan perakitan.

Di Indonesia, teknik fabrikasi logam dan manufaktur masuk sudah diajarkan dalam sekolah kejuruan tingkat atas. Dalam sekolah kejuruan, siswa akan berkenalan dengan fabrikasi logam serta proses yang terjadi dalam manufaktur.

Keterampilan dalam Teknik Fabrikasi Logam dan Manufaktur

Siswa yang belajar di teknik ini akan dibekali dengan berbagai keterampilan praktis terutama yang berkaitan dalam fabrikasi logam. Beberapa hal yang akan dipelajari adalah sebagai berikut.

  1. Dasar Teknik Fabrikasi dan Manufaktur

Secara umum siswa akan mendapatkan pembelajaran tentang teknik fabrikasi, baik secara praktik maupun teori. Dengan begitu lulusan jurusan ini diharapkan memiliki kesiapan saat terjun dalam industri.

  1. Proses Manufaktur

Siswa akan mendapatkan pemahaman terkait proses manufaktur yang dipakai saat memproduksi komponen logam.

  1. Teknik Pengelasan

Salah satu keterampilan praktis yang diajarkan dalam jurusan teknik ini adalah berbagai teknik pengelasan, mencakup las listrik, las gas, hingga las logam lunak. Siwa tidak hanya belajar bagaimana cara las namun juga belajar hal-hal yang berkaitan dengan hal tersebut seperti keamanannya.

  1. Pemotongan Logam

Siswa juga akan belajar bagaimana cara memotong logam dan hal-hal lain yang berkaitan dengan teknik tersebut seperti keselamatan hingga teknik pemotongan yang dibutuhkan.

  1. Pemakaian Alat dan Mesin

Siswa juga akan belajar bagaimana cara memakai alat dan mesin yang dipakai dalam fabrikasi logam dan manufaktur. Beberapa alat yang akan dipelajari seperti mesin bubut, mesin penggiling, mesin bor, mesin gergaji, mesin las busur manual, hingga mesin oksiatelin.

  1. Keselamatan Kerja

Salah satu pengetahuan penting yang diajarkan juga dalam jurusan teknik fabrikasi logam dan manufaktur adalah keselamatan kerja di lingkungan industri. Pengetahuan ini berguna untuk melindungi para pekerja dari kecelakaan kerja yang mengancam jiwa.

Prospek Kerja Jurusan Teknik Fabrikasi Logam dan Manufaktur

Pendidikan teknik fabrikasi logam dan manufaktur memberikan berbagai pengetahuan dan keterampilan dalam industru manufaktur logam. Contoh peluang kerja yang akan didapatkan adalah sebagai berikut.

  • Operator mesin cnc
  • Pengawas produksi
  • Inspektur kualitas
  • Perancang produk
  • Teknisi perawatan mesin
  • Spesialis proses manufaktur
  • Spesialis logistik dan rantai pasokan

Itulah informasi terkait teknik fabrikasi logam dan manufaktur. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.