Obat yang Wajib Dibawa Saat Mudik: Awas, Jangan Sampai Kalian Tak Tahu!
Obat yang Wajib Dibawa Saat Mudik (Gambar Ksenia Yakovleva - Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Obat yang wajib dibawa saat mudik memang penting banget dipikirkan karena sebagai antisipasi, kalau-kalau kita sakit di dalam perjalanan, apalagi bila kita memiliki riwayat penyakit tertentu.

Namun ada juga beberapa masalah kesehatan yang kerap menyerang seperti halnya pegal linu, masuk angin, sampai mabuk perjalanan.

Menjelang Idul Fitri, tradisi mudik serta berjumpa dengan orang tua dan sanak saudara, nyatanya masih jadi agenda wajib buat sebagian orang. Saat memutuskan buat mudik, ada banyak perihal yang wajib dipersiapkan, di antaranya fisik, mental, sampai obat- obatan penting yang wajib dibawa.

Sakit ataupun tidak enak badan dikala mudik lebaran pasti bakal sangat mengusik. Oleh sebab itu, bawa obat-obatan yang diperlukan sepanjang ekspedisi mudik sangat berguna.

Dengan begitu, bila momen yang tidak diharapkan ini tiba, paling tidak kalian telah lebih siap serta tidak repot lagi, deh. Biar lebih jelas, berikut merupakan beberapa obat yang harus kalian bawa dikala mudik:

Obat yang Wajib Dibawa Saat Mudik

1. Obat Flu

Keletihan sepanjang di perjalanan, khususnya apabila memilih jalur darat, bisa menurunkan daya tahan badan sehingga gampang terkena flu.

Berada di tempat umum yang sangat ramai semacam stasiun, halte, kereta, pesawat, ataupun bis dikala mudik pula bisa tingkatkan kemungkinan tertular virus flu. Maka itu, obat yang wajib dibawa dikala mudik selanjutnya yaitu obat flu.

Umumnya obat flu telah dikombinasikan dengan obat penurun demam. Tetapi, hal yang butuh kalian perhatikan yaitu obat flu rata-rata menimbulkan kantuk. Jadi, hindari mengkonsumsinya saat sebelum menyetir.

2. Obat Demam

Demam ialah indikasi yang sangat mendasar pada badan, selaku respons terdapatnya mikroorganisme yang masuk ke badan. Dikala mudik, bukan tidak mungkin orang dewasa ataupun anak-anak alami demam.

Maka dari itu, obat penurun panas semacam parasetamol sangat berguna buat menanggulangi indikasi demam yang sangat umum. Parasetamol pula dapat digunakan buat menanggulangi pusing ataupun nyeri sendi.

3. Obat Mual

Mabuk ekspedisi dapat terjadi dikala naik pesawat, kapal laut, kereta, atau bahkan mobil. Bila kalian alami motion sickness ataupun mabuk perjalanan, siapkan obat mual supaya perjalanan terasa tenteram.

Sediakan 2 tipe obat mual, yakni obat buat mabuk perjalanan serta obat mual bila ada gejala pada lambung. Keduanya ialah obat-obatan mudik yang tetap berguna buat disiapkan.

4. Obat Lambung

Ketupat, gulai, ataupun rendang merupakan makanan yang kerap disiapkan saat Lebaran. Ragam makanan ini memiliki santan, dan tinggi minyak serta lemak

Bermacam isi tersebut bisa jadi masalah untuk kalian yang memiliki riwayat penyakit lambung. Keadaan ini dapat diperparah oleh mengkonsumsi santapan saat Lebaran yang tidak terkendali.

Tidak hanya itu, permasalahan lambung pula bisa timbul bila pola makanmu tidak tertib sepanjang perjalanan mudik. Maka dari itu, obat lambung penting buat disiapkan, baik dalam wujud cair maupun tablet. Konsumsilah obat sebelum makan.

5. Obat Alergi

Bila kalian mempunyai riwayat alergi, jangan lupakan obat yang satu ini. Kalian bisa mengeluhkan adanya gatal, pembengkakan, serta kemerahan pada kulit.

Siapkan obat alergi buat mengurangi reaksi alergi pada badan. Jangan sampai kegiatan mudik tersendat akibat keluhan alergi!

6. Obat Pribadi

Kalian yang memiliki riwayat gangguan kesehatan tertentu butuh mempersiapkan obat rutin. Beberapa contoh penyakit yang membutuhkan penyembuhan teratur yaitu diabet, asma, serta tuberkulosis.

Jangan lupakan obat rutin kalian. Sebab, penyembuhan yang tidak tepat bisa memperparah kondisi kesehatan.

7. Obat Luka serta Plester

Tidak hanya obat-obatan mudik di atas, kalian pula hendaknya membawa kotak khusus P3K yang berisi obat merah, alkohol, kapas, serta pembalut luka (plester). Perihal ini buat mengantisipasi bila terjadi cedera selama ekspedisi.

Dikala melaksanakan ekspedisi mudik, nyatanya kalian menginginkan keamanan, kenyamanan, kelancaran, serta keselamatan. Jadi, jangan lupa buat mempersiapkan bermacam obat yang wajib dibawa saat mudik.

Sebelum mudik, pastikan keadaan badan sehat dengan penuhi kebutuhan cairan, makan yang cukup serta istirahat teratur, dan mengkonsumsi vitamin.

Dengan langkah-langkah tersebut, kalian telah melaksanakan pencegahan buat menghindari penyakit dikala mudik Lebaran!

Tak hanya obat-obatan saja yang perlu di bawa, namun kalian juga perlu banget mengetahui “Tips Memilih Waktu yang Tepat untuk Mudik” agar tak kerepotan nantinya.

Jadi setelah mengetahui obat yang wajib dibawa saat mudik, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!