8 Tips Belanja Promo Ramadan dan Kebutuhan Lebaran
Ilustrasi tips belanja promo Ramadan dan kebutuhan lebaran (Freepik/garetvisual)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Ramadan dan lebaran banyak sekali panawaran diskon berbagai kebutuhan. Ini juga bikin Anda sulit memutuskan cara terbaik untuk mendapatkan promo dengan tujuan hemat pengeluaran. Namun tak perlu khawatir, Anda cukup perlu lebih selektif dan menakar kebutuhan secara realistis. Untuk lebih berwawasan dan lihai mendapatkan diskon serta promo, berikut tipsnya.

1. Tetapkan anggaran yang dialokasikan untuk belanja

Meskipun diskon saat Ramadan dan kebutuhan lebaran sangat menggiurkan, penting untuk menetapkan anggaran yang dialokasikan untuk belanja. Ini sebenarnya prinsip paling mendasar. Ini juga akan membantu memastikan Anda tidak menyesal setelah belanja banyak barang dan menghabiskan banyak uang.

tips belanja promo ramadan
Ilustrasi tips belanja promo Ramadan dan kebutuhan lebaran (Freepik/alesandarlittlewolf)

2. Pilih waktu yang tepat

Waktu penjualan biasanya memengaruhi besaran diskon dan promo yang ditawarkan. Misalnya, berbelanja pada awal promo, mungkin lebih banyak pilihan barang. Tetapi belanja di akhir obral, justru akan lebih hemat dan promo akan besar-besaran. Jadi, penting memperhatikan peluang mendapatkan harga lebih hemat.

Selain itu, penjual biasanya menawarkan produk dengan harga menarik pada tengah minggu atau tengah momen Ramadan, sebelum lebaran. Berbelanja di tengah waktu, atau tengah minggu, bisa membantu mengurangi stres karena toko biasanya tidak terlalu ramai.

3. Ketahui strategi belanja

Selain menetapkan anggaran dan memilih waktu yang tepat selama ditawarkan promo, penting untuk selalu meneliti harga. Bandingkan harga antara penawaran satu dengan lainnya. Penting juga mengetahui kebijakan garansi selama promo.

tips belanja promo ramadan
Ilustrasi tips belanja promo Ramadan dan kebutuhan lebaran (Freepik)

4. Tetapkan kebutuhan secara realistis

Tanpa perhitungan yang ketat, belanja bisa sangat boros. Bahkan bisa belanja barang yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Artinya, tetapkan tujuan yang realistis berdasarkan barang yang paling dibutuhkan dan kesesuaian dengan uang yang akan dibelanjakan. Bila perlu, buatlah daftar barang dari mulai yang paling dibutuhkan hingga kebutuhan sekunder bahkan tersier. Tuliskan juga perbandingan hasil riset harga dari harga asli, berapa persen diskon, dan bagaimana garansinya serta kualitas barang tersebut.

5. Jadilah member eksklusif

Kalau Anda mencari-cari diskon dan promo, penting untuk memiliki daftar member secara eksklusif. Misalnya dengan mendaftar via email sehingga produsen memberitahukan penawaran diskon atau promo di masa-masa tertentu. Bisa juga rajin datang ke toko untuk melihat katalog penawaran promo.

6. Penghematan ekstra

Kupon dan kode promo adalah cara terbaik untuk menghemat uang, terutama saat obral. Baik berbelanja pakaian, barang elektronik, perlengkapan rumah tangga, hingga kue kalengan, kemungkinan besar ada kode promo atau kupon yang membantu Anda mendapatkan penawaran lebih baik.

7. Jangan puas dengan penawaran pertama

Saat obral, biasanya ditawarkan berbagai macam diskon dan promosi dari berbagai pengecer. Namun tidak semua diskon diciptakan sama. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari pengalaman belanja Anda, penting untuk melakukan riset dan membandingkan harga. Jangan puas dengan tawaran pertama yang Anda lihat karena mungkin ada tawaran lebih baik di toko lain.

Melansir Faster Capital, Jumat, 29 Maret, meskipun harga menggiurkan tetaplah pertimbangkan kualitas produk. Produk yang lebih murah mungkin tidak bertahan lama dibandingkan produk dengan kualitas lebih tinggi, yang pada akhirnya bisa membuat Anda mengeluarkan biaya lebih banyak dalam jangka panjang.

8. Berbelanjalah dengan cerdas

Saat belanja, banyak orang menyukai diskon. Namun lebih baik, mendapatkan diskon besar untuk barang yang benar-benar dibutuhkan dan disukai. Untuk berbelanja dengan cerdas dan berhemat besar, Anda perlu memiliki rencana. Rencana ini harus mencakup daftar barang yang Anda butuhkan, anggaran, dan jangka waktu. Dengan mengingat ketiga hal ini, Anda dapat memastikan bahwa Anda mendapatkan barang yang Anda butuhkan dengan harga yang terjangkau.

Itulah delapan tips belanja promo Ramadan dan kebutuhan lebaran. Anda bisa membuat rencana terlebih dahulu, sebelum mulai riset dan berburu barang yang dibutuhkan.