Pemakaman San Diego Hills and Funeral Home, Pusara Eksklusif Bernilai Fantastis
Ilustrasi Pemakaman San Diego Hills (Meru Bi/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Apa yang ada di benak Anda saat membayangkan tentang pemakaman? Pasti yang langsung terlintas adalah suasana seram dan menakutkan lengkap dengan kesan mistis. Namun, hal ini tidak akan Anda jumpai di Pemakaman San Diego Hills.

Pemakaman San Diego Hills and Funeral Homes adalah kawasan pemakaman elite yang berlokasi di Km. 46, Exit Tol Karawang Barat 2, Margakaya, Kecamatan Telukjambe Barat, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Pemakaman ini terbilang sangat mewah sebab dilengkapi dengan sejumlah fasilitas umum yang tidak bakal Anda jumpai di pemakaman manapun, seperti restoran, kolam renang, florist dan gift shop, jogging track, padang rumput untuk aktivitas outdoor, hingga gedung serba guna berkapasitas 250 orang. 

Pemakaman San Diego Hills didirikan pada tahun 2007 di atas lahan seluas 350 Ha oleh pendiri Lippo Group, Mochtar Riady. Pemakaman San Diego Hills dibangun berdasarkan adaptasi dari Forest Lawn Memorial Parks and Mortuaries di California, Amerika Serikat. Mochtar ingin menciptakan sebuah pemakaman dengan suasana menyenangkan dan tak lagi dianggap menyeramkan.

Dikelilingi oleh pemandangan bukit hijau yang menyejukkan serta fasilitas yang lengkap, diharapkan dapat mengurangi kesedihan keluarga serta kerabat yang ditinggalkan.

Pemakaman San Diego Hills (Instagram @salessandiegohills)

Saat pertama didirikan, Pemakaman San Diego Hills hanya mematok tarif sebesar Rp3 juta untuk satu orang, termasuk biaya perawatan selamanya. Namun, karena semakin banyak peminatnya, harga pemakaman di San Diego Hills ini mencapai Rp4 miliar. 

Pihak San Diego Hills menyediakan 4 tipe nuansa area pemakaman dengan tarif  berbeda. Tipe pertama ada single burial. Tipe ini tidak memiliki pembatas kanan kiri, sehingga menempel antar lahan makam. Melansir laman Sales San Diego Hills, Rabu, 3 Maret, harga termurah untuk tipe single burial yaitu Rp57 juta dan harga termahal ada dikisaran Rp83 juta. Promo untuk pasangan berkisar di harga Rp99 juta hingga Rp166 juta.

Tipe semi private merupakan makam yang dapat diisi oleh dua lubang dan antar unitnya dibatasi dengan pembatas tembok atau tanaman. Harga termurah ada di kisaran Rp116 juta dan termahal menduduki angka Rp453 juta.

Harga pemakaman di San Diego Hills untuk tipe private dipatok mulai dari Rp631 juta hingga Rp2,5 miliar. Keunggulan tipe private dibandingkan semi private adalah adanya aksesoris bangunan berupa patung serta bangku. Arah makan pun bisa disesuaikan keinginan keluarga.

Pemakaman San Diego Hills (Instagram @salessandiegohills)

Terakhir, ada tipe peak estate. Ini merupakan tipe dengan harga paling fantastis yaitu Rp529 juta untuk lahan termurah dan Rp6,2 miliar untuk lahan termahal. Tipe ini menawarkan harga termahal karena Anda bisa membangun gazebo, patung, bangku, aksesoris lain, hingga taman di dalam area unit yang dipesan. Semua harga yang tertera di atas diupdate terakhir pada Mei 2020 oleh situs resmi San Diego Hills.

Harga pemakaman San Diego Hills termasuk mahal karena sudah termasuk biaya perawatan dan keamanan makam selamanya. Namun, jangan khawatir karena selain pembayaran cash, pihak San Diego Hills juga menerapkan sistem cicil untuk klien yang memesan lokasi pemakaman. Bagaimana, apa Anda tertarik menjadikan pemakaman San Diego Hills sebagai tempat peristirahatan terakhir?