Biar Nggak Keliru, Ini Bedanya <i>Meal Prep</i> dan <i>Food Prep</i>
Ilustrasi bedanya meal prep dan food prep (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Untuk menyingkat waktu menyiapkan makan, banyak cara yang ditempuh. Selain scroll lalu pesan via aplikasi pesan-antar makanan, bisa juga dengan mempersiapkan bahan yang akan dimasak terlebih dahulu atau menyiapkan makanan sehingga tinggal memanaskan lalu menyantapnya pada jam makan. Keduanya memiliki sebutan yang berbeda, yaitu meal preparation atau meal prep dan food prep.

Bagi pemula, pengetahuan soal meal prep dan food prep mungkin tak banyak. Untuk itu, berikut bedanya kedua cara mempersiapkan makan.

Apa itu meal prep?

Meal prep, seperti yang Anda duga, adalah menyiapkan makanan terlebih dahulu. Dengan begitu, ketika tiba waktu jam makan, Anda dapat mengambil makanan yang sudah jadi dan memakannya. Meal prep merupakan cara yang nyaman untuk menikmati makanan buatan sendiri bahkan saat Anda sedang bekerja. Penting diketahui, mempersiapkan apa yang dimakan juga mencegah Anda tergoda menyantap makanan cepat saji tanpa pikir panjang nutrisi dan kalorinya.

bedanya meal prep dan food prep
Ilustrasi bedanya meal prep dan food prep (Freepik/senivpetro)

Selain membantu memastikan mengonsumsi makanan sehat, meal prep juga cara mendukung diet Anda. Anda bisa mengukur makanan sesuai kebutuhan, baik porsi hingga variasi menu bernutrisi.

Meal prep bisa dilakukan dengan dua cara. Pertama dengan menyiapkan dan memasak makanan hingga tinggal makan. Kedua, mempersiapkan makanan yang perlu dihangatkan atau diproses terlebih dahulu sebelum dimakan. Sebenarnya, kedua cara meal prep ini bisa dikombinasikan. Anda bisa menyesuaikan dengan variasi makanannya dan alokasi waktu serta budget.

Sebelum menyiapkan meal prep, tipsnya harus membuat rencana makanan atau meal plan termasuk sarapan, makan siang, makan malam, dan makanan ringan. Setelah rencana jadi, bisa berbelanja bahan lalu menyiapkan makanan dan simpan dalam wadah kaca di lemari es. Dalam merealisasikan meal prep, perlu fokus untuk memasak masakan yang sederhana untuk waktu tertentu, misalnya seminggu, dan menggunakan bahan masakan yang sudah dibeli.

bedanya meal prep dan food prep
Ilustrasi bedanya meal prep dan food prep (Freepik)

Apa bedanya meal prep dan food prep?

Meal prep dan food prep, sekilas seperti sinonim dan tak ada perbedaan signifikan. Tetapi penting diketahui, food prep adalah persiapan makanan atau persiapan bahan untuk masakan Anda. Oleh karena itu, food prep adalah aktivitas menyiapkan bahan makanan terlebih dahulu sehingga siap dimasak pada jangka waktu tertentu dan hidangan sesuai keinginan.

Food prep mencakup memotong buah dna sayuran, menyiapkan daging, ayam atau ikan, memotong keju, menyiapkan saus salad, pesto, atau salsa. Setelah semua disiapkan, Anda dapat menyimpannya dalam wadah kaca lalu masukkan dalam lemari pendingin. Bahan makanan yang sudah disiapkan ini, bisa dikombinasikan satu sama lain untuk membuat hidangan selama beberapa hari ke depan. Pilihan membuat food prep ini, mungkin cocok untuk Anda yang lebih cepat kenyang dan senang makan yang variatif setiap hari.

Tips food prep, penting membuat rencana makanan empat sehat lima sempurna. Misalnya apa saja makanan berprotein, karbohidrat, dan lemak yang akan dikonsumsi seminggu ke depan. Lalu belanja daftar belanjaan sesuai rencana, lalu masak beberapa item seperti makanan karbohidrat dan protein. Simpan dalam wadah kedap udara di lemari es.

Untuk buah dan sayur, Anda bisa mencuci, memotong, dan menyimpannya dalam wadah lalu masukkan  lemari pendingin. Nah, dengan item-item yang sudah siap ini, Anda bisa memilih makan apa karbo, protein, dan lemak hari ini. Pastinya, Anda bisa mendapatkan gizi seimbang kalau membuat rencana makan dengan tepat.

bedanya meal prep dan food prep
Ilustrasi bedanya meal prep dan food prep (Freepik)

Setelah mengetahui bedanya meal prep dan food prep, mana yang lebih mudah dilakukan? Melansir A Better Weight, Inc., Rabu, 13 Maret, Anda bisa mengaplikasikan keduanya. Ini biar Anda tetap menghemat waktu, tenaga, dan biaya pengeluaran untuk makan.