Kartika Putri Ungkap Kondisi Terbaru Usai Wajah dan Mulut Melepuh
Kartika Putri (Instagram @kartikaputriworld)

Bagikan:

JAKARTA - Kartika Putri membagikan kondisi terbarunya setelah wajah dan mulutnya melepuh. Ia yang sedang berobat di rumah sakit di Singapura memperlihatkan kondisinya dalam video yang diunggahnya ke media sosial.

“Hai semua, terima kasih atas doa baik kalian semua. Alhamdulillah aku membaik di sini,” kata Kartika Putri dalam videonya.

Kartika Putri menceritakan awal mula ia mengalami wajah dan mulut yang melepuh. Ia menjelaskan dikarenakan penyakit autoimun yang didiagnosa sejak lima tahun lalu.

Selama ini, ia bisa mengelola kondisi autoimunnya dengan baik, namun kondisi itu berubah setelah ia meminum obat pain killer. Ternyata akibat meminum obat itu, reaksinya berkenaan dengan obat autoimunnya sehingga menyerang kesehatannya.

Trigger dari apa yang aku alami ini beberapa waktu lalu aku minum pain killer. Ternyata reaksi tubuhku itu berbalik menyerang diri aku sendiri,” kata Kartika Putri.

Perubahan itu dimulai dari benjolan di area dahi yang berisi cairan. Benjolan itu pecah setelah tersenggol anaknya yang membuat cairannya pecah dan perih.

“Aku bingung, rasanya kayak kebakar. Sudah coba beberapa ikhtiar tapi belum rasakan perbaikan. Akhirnya cari opini lain untuk penyembuhannya,” lanjutnya.

Beruntungnya, saat berobat ke Singapura, pihak medis memberi penanganan dengan baik sehingga kondisi Kartika Putri mulai membaik. Ia mendapat pengobatan secara cepat dan semakin pulih. Cerita ini dibagikan kepada publik agar mereka mengetahui kondisi autoimun dan bagaimana mengobatinya.

“Aku enggak mau kalian semua merasakan apa yang aku alami. Aku juga ingin kalian cepat reaksinya, responsnya, biar enggak terlalu parah,” kata Kartika Putri.

“Siapa yang kena sindrom ini, banyak yang kena sampai ke seluruh tubuh karena penanganan yang lambat. Obatnya kalau dimasukin ke tubuh lambat itu juga memperburuk. Jelas ya, yang aku alami ini namanya Steven Junction Syndrome, normal banget buat yang punya autoimun,” katanya.