Risiko Kesehatan Sering Duduk Menyilang: Awas! Bisa Berpotensi Kelumpuhan
Risiko Kesehatan Sering Duduk Menyilang (Gambar Diana Grytsku-Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Bagaimana posisi duduk kalian saat ini? Apakah kalian menyilangkan kakimu? Bila begitu, hendaknya lekas ganti posisinya, sebab duduk dengan menyilangkan kaki mempunyai akibat kurang baik terhadap kesehatan. Penasaran dengan risiko kesehatan sering duduk menyilang?

Sandra Gail Frayna, pakar terapi fisik serta pendiri Hudson Premier Physical Therapy & Sports, berkata kalau duduk dengan kedua kaki menyentuh tanah serta lutut berdekatan adalah yang terbaik buat badan.

Bila susah menghentikan Kerutinan menyilangkan kaki, Frayna merekomendasikan supaya kalian paling tidak membatasi waktu menyilangkan kaki tidak lebih dari 15 menit tiap kalinya. Alasannya duduk dengan metode semacam ini sesungguhnya bisa menimbulkan banyak permasalahan jangka panjang.

Risiko Kesehatan Sering Duduk Menyilang

1. Masalah Pinggul

Kalian pula bisa jadi mulai alami nyeri pinggul bila Kalian selalu duduk dengan menyilangkan kaki terutama bila Kalian menyilangkannya di lutut. Menurut Ormond, posisi ini dapat memberikan tekanan pada persendian pinggul Kalian.

"Bila dilakukan secara berlebihan, hal itu bisa menimbulkan kondisi ortopedi tertentu, semacam nyeri pinggul ataupun displasia pinggul, terutama pada orang dengan kondisi yang telah ada sebelumnya," ia memperingatkan.

2. Hipertensi

Menyilangkan kaki bisa menimbulkan tekanan darah Kalian meningkat sedangkan, bagi Sean Ormond, MD, seseorang dokter bersertifikat di bidang anestesiologi serta manajemen nyeri intervensi.

Semacam yang dipaparkan Ormond, ini mungkin terjadi sebab menyilangkan kaki dalam waktu lama bisa membatasi aliran darah.

"Saat Kalian menyilangkan kaki, darah wajib melewati saluran yang lebih kecil serta pembuluh darah bisa jadi padat, membuat darah lebih sulit buat kembali ke jantung Kalian," jelasnya.

3. Sakit Kronis

Bahkan bila Kalian memastikan buat selalu duduk tegak, Kalian masih dapat alami permasalahan postur bila kaki Kalian terus disilangkan.

"Posisi yang tidak balance bisa membuat otot serta ligamen di tulang belakang tegang, menyebabkan ketidaknyamanan atau nyeri kronis bersamaan waktu," jelas Ormond. Ini bisa menyebabkan Kalian alami nyeri punggung, leher, serta bahu, menurut dokter bersertifikat.

4. Darah Menggumpal

Aliran darah yang terbatas bisa menimbulkan lebih banyak masalah daripada hanya hipertensi. Itu pula dapat meningkatkan resiko pembekuan darah, bagi Leann Poston, MD, seseorang dokter berlisensi yang bekerja selaku ahli kesehatan buat Invigor Medical.

"Kontraksi otot menolong menggerakkan darah lewat sirkulasi vena," kata Poston. Duduk diam, terutama dalam posisi terbatas, bisa memperlambat aliran darah, meningkatkan resiko pembekuan darah.

5. Kelumpuhan

Dalam skenario terburuk, duduk dengan menyilangkan kaki bisa membuat Kalian berisiko kehilangan kemampuan buat menggerakkan kaki sama sekali. Jared Heathman, MD, seorang dokter bersertifikat yang berbasis di Houston, menarangkan, sesuatu yang disebut" kelumpuhan kaki menyilang" bisa terjadi pada saat Kalian duduk dengan metode ini buat jangka waktu yang lama.

"Ini terjadi pada saat tekanan dipertahankan pada saraf cukup lama buat menyebabkan kelumpuhan saraf itu," jelasnya.

Untungnya, kelumpuhan kaki menyilang kerap bersifat sementara, bagi Heathman. Tapi tetap saja, gejala bisa bertahan selama beberapa waktu, dia memperingatkan.

"Durasi menyilangkan kaki yang menimbulkan hal ini mungkin bermacam-macam dari orang ke orang. Posisi serta jumlah tekanan pada saraf mungkin merupakan variabel yang berkontribusi."

Selain itu kalian juga mesti membaca: “Mengurangi Waktu Duduk, Dapat Membantu Mencegah Penyakit Jantung Koroner”.

Jadi setelah mengetahui risiko kesehatan sering duduk menyilang, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!