Bacaan Doa untuk Menghilangkan Rasa Cemas Menurut Ajaran Agama Islam
Ilustrasi berdoa (Pixabay/derudyarra)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Gangguan kecemasan wajar dialami oleh setiap manusia. Dalam Islam, rasa cemas bisa dihilangkan dengan membaca doa serta mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan berzikir atau melakukan shalat dua rakaat. Bacaan doa untuk menghilangkan rasa cemas pun dianjurkan untuk dibaca setelah shalat.

Bacaan doa penghilang rasa cemas dianjurkan untuk diamalkan setiap memiliki rasa cemas berlebih hingga mengganggu kegiatan sehari-hari. Berikut ini beberapa bacaan doa penghilang rasa cemas yang di-sunnahkan dalam Islam.

Bacaan Doa Untuk Menghilangkan Rasa Cemas

Rasa cemas sendiri bisa dihilangkan dengan berdoa kepada Allah SWT agar diberi ketenangan serta mendapat hidayah. Berikut ini beberapa bacaan doa yang bisa dibaca ketika dilanda kecemasan karena masalah berat, dikutip dari NU Online.

  1. Doa Dilanda Cemas saat Malam Hari

Kecemasan bisa muncul kapan saja meski sebab kemunculannya sangat tidak jelas, termasuk saat malam hari. Saat itu terjadi, pikiran jadi tidak tenang dan berdampak pada jam tidur. Untuk menghilangkan kecemasan saat malam hari, baca doa berikut ini.

أعُوذُ بِكَلِماتِ اللَّهِ التَّامَّاتِ مِنْ غَضَبِهِ وَعِقابِهِ وَشَرِّ عِبَادِهِ، وَ مِنْ هَمَزَاتِ الشَّياطِينِ وأنْ يَحْضُرُونِ‏

A‘ūdzu bi kalimātillāhit tāmmāti min ghadhabihī, wa ‘iqābihī, wa syarri ‘ibādihī, wa min hamazātis syayāthīni wa an yahdhurūn.

Artinya:

“Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari murka-Nya, siksa-Nya, keburukan hamba-Nya, gangguan setan, dan setan yang hadir.”

  1. Doa Dilanda Cemas Karena Masalah

Masalah hidup yang berat kadang menimbulkan rasa cemas dan kekhawatiran. Perasaan itu wajar terjadi sehingga perlu diantisipasi. Saat dilanda cemas karena masalah hidup cobalah untuk membaca doa berikut ini.

اللَّهُمَّ إِنِّي عَبْدُكَ وَابْنُ عَبْدِكَ وَابْنُ أَمَتِكَ نَاصِيَتِي بِيَدِكَ مَاضٍ فِيَّ حُكْمُكَ عَدْلٌ فِيَّ قَضَائُكَ، أَسْأَلُكَ بِكُلِّ اسْمٍ هُوَ لَكَ سَمَّيْتَ بِهِ نَفْسَكَ أَوْ أَنْزَلْتَهُ فِي كِتَابِكَ أَوْ عَلَّمْتَهُ أَحَدًا مِنْ خَلْقِكَ أَوْ اسْتَأْثَرْتَ بِهِ فِي عِلْمِ الغَيْبِ عِنْدَكَ أَنْ تَجْعَلَ القُرْآنَ رَبِيْعَ قَلْبِي وَنُوْرَ صَدْرِي وَجِلَاءَ غَمِّي وَذَهَابَ حُزْنِي وَهَمِّي

Allāhumma innī ‘abduka, wabnu ‘abdika, wabnu amatika. Nāshiyatī bi yadika mādhin fiyya hukmuka, ‘adlun fiyya qadhā’uka. As’aluka bi kulli ismin huwa laka sammayta bihī nafsaka, wa anzaltahū fī kitābika, aw ‘allamtahū ahadan min khalqika, awista’tsarta bihī fī ilmil ghaybi ‘indaka, an taj’alal qur’āna rabī‘a qalbī, wa nūra shadrī, wa jilā’a ghammī, wa dzahāba huznī wa hammī.

Artinya:

“Ya Allah, sungguh aku hamba-Mu, putra hamba-Mu (laki-laki), putra hamba-Mu (perempuan). Nasibku di tangan-Mu, berlaku padaku ketentuan-Mu, adil padaku putusan-Mu. Aku memohon kepada-Mu dengan segala nama-Mu yang Kau sebut untuk diri-Mu, (nama) yang Kau turunkan dalam kitab-Mu, (nama) yang Kau ajarkan pada segelintir hamba-Mu, atau (nama) yang hanya Kau sendiri yang mengetahuinya dalam pengetahuan ghaib agar Kau menjadikan Al-Qur’an sebagai musim semi (di) hatiku, cahaya batinku, pelenyap kebingunganku, dan penghilang kesedihan serta kebimbanganku.”

  1. Doa Dilanda Cemas dan Ingin Agar Pikiran Lebih Tenang

Rasa cemas yang melanda seseorang, baik disebabkan oleh masalah hidup atau cobaan lainnya bisa diatasi dengan berdoa meminta agar diberi ketenangan dalam berpikir. Saat ketenangan itu diberikan, maka kesehatan mental akan lebih terjaga. Berikut ini doa yang disarankan untuk dibaca ketika dilanda cemas dan ingin agar pikiran lebih tenang.

اَللّٰهُمَّ اجْعَلْ لِيْ نُوْرًا فِيْ قَلْبِيْ، وَنُوْرًا فِيْ قَبْرِيْ، وَنُوْرًا فِيْ سَمْعِيْ، وَنُوْرًا فِيْ بَصَرِيْ، وَنُوْرًا فِيْ شَعْرِيْ، وَنُوْرًا فِيْ بَشَرِيْ، وَنُوْرًا فِيْ لَحْمِيْ، وَنُوْرًا فِيْ دَمِيْ، وَنُوْرًا فِيْ عِظَامِيْ. وَنُوْرًا مِنْ بَيْنِ يَدَيَّ، وَنُوْرًا مِنْ خَلْفِيْ، وَنُوْرًا عَنْ يَمِيْنِيْ، وَنُوْرًا عَنْ شِمَالِيْ، وَنُوْرًا مِنْ فَوْقِيْ، وَنُوْرًا مِنْ تَحْتِيْ. اَللّٰهُمَّ زِدْنِيْ نُوْرًا، وَاَعْطِنِيْ نُوْرًا، وَاجْعَلْ لِيْ نُوْرًا، وَاجْعَلْنِيْ نُوْرًا

Allāhummaj‘al lī nūran fī qalbī, wa nūran fī qabrī, wa nūran fī sam‘ī, wa nūran fī basharī, wa nūran fī sya‘rī, wa nūran fī basyarī, wa nūran fī lahmī, wa nūran fī damī, wa nūran fī ‘izhāmī, wa nūran min bayni yadayya, wa nūran fī khalfī, wa nūran ‘an yamīnī, wa nūran ‘an syimālī, wa nūran min fawqī, wa nūran min tahtī. Allāhumma zidnī nūrā. Wa a‘thinī nūrā. Waj‘al lī nūrā. Waj‘alnī nūrā.

Artinya:

"Ya Allah jadikanlah cahaya pada hatiku, kuburku, pendengaranku, penglihatanku, rambutku, kulitku, dagingku, darahku, tulang-tulangku, di hadapanku, belakangku, sisi kananku, sisi kiriku, sisi atasku, dan pada sisi bawahku. Ya Allah tambahkanlah cahaya bagiku. Berikanlah cahaya kepadaku. Jadikanlah cahaya bagiku. Jadikanlah diriku bercahaya."

Selain berdoa, disarankan untuk mengetahui cara menghadapi kecemasan pada ketidakpastian agar lebih tenang dalam menjalani hidup.

Itulah beberapa bacaan doa untuk menghilangkan rasa cemas. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.