Bagikan:

YOGYAKARTA – Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, penting mempertimbangkan bahan skincare. Kandungan dalam rambutan, ternyata mengandung retinol yang bermanfaat untuk kulit sensitif.

Rambutan populer di Asia Tenggara, bentuk buahnya seperti leci tetapi ukurannya lebih besar. Meskipun kulit buahnya tidak bisa dimakan, tetapi mengandung antioksidan. Manfaat rambutan, khususnya meliputi pergantian sel, stimulasi kolagen, menghidrasi, dan antioksidan. Buah ini mengandung ekstrak alami yang digunakan untuk formula perawatan kulit untuk alternatif.

Menurut Brendan Camp, MD., FAAD., dokter kulit bersertifikat dilansir Byrdie, Senin, 12 Februari, rambutan itu unik karena bersifat anti penuaan dan efektif untuk kulit sebab tidak panas. Lebih lengkapnya, rambutan kaya antioksidan pada kulitnya dan bekerja efektif menekan tanda penuaan. Kedua, produksi kolagen pada kulit juga bisa dipicu rambutan karena kaya vitamin C dan antioksidan. Ektrak rambutan terbukti merangsang produksi kolagen dan elastin sehingga kekencangan kulit terjaga, jelas dokter kulit bersertifikat Aanand Geria,MD.

allternatif retinol dalam rambutan untuk kulit sensitif
Ilustrasi alternatil retinol dalam rambutan untuk kulit sensitif (Freepik)

Selain dua manfaat di atas, rambutan juga meningkatkan kecerahan kulit dan memperbaiki garis halus serta kerutan. Secara umum, rambutan merupakan bahan lembut yang dapat digunakan untuk sebagian besar jenis kulit. Mengingat manfaatnya, Anda pasti sering menemukan rambutan sebagai bahan krim mata, pelembab, dan produk khusus anti penuaan lainnya.

“Rambutan berfungsi mengurangi munculnya kerutan dan garis halus, serta tanda-tanda penuaan lainnya melalui ekstrak alaminya. Ini juga memberikan nutrisi pada kulit dan sifat antioksidan yang memberikan hidrasi dan tampilan bercahaya. Ia menawarkan manfaat anti-penuaan dan mengecilkan pori-pori bagi mereka yang khawatir tentang anti-penuaan tetapi sensitif terhadap retinol,” kata Geria.

Bagi kulit sensitif, produk perawatan kulit apapun berpotensi menyebabkan iritasi kulit. Iritasi kulit dikenal dengan tanda kekeringan, pengelupasan, dan kemerahan. Sedangkan rambutan, karena dari bahan alami, dianggap lebih lembut dibandingkan retinol. Efek samping mengalami iritasi lebih kecil. Rambutan paling baik untuk kulit dewasa, mereka yang memiliki kulit sensitif yang mungkin tidak mentoleransi retinol dengan baik, dan untuk mencegah perubahan kulit terkait usia.

Cara menggunakan rambutan untuk perawatan kulit, paling tepat diaplikasikan setelah menggunakan pembersih tetapi sebelum memakai pelembap. Jika dipakai pagi hari, tutup dengan pelembap yang mengandung SPF. Camp menambahkan, rambutan cocok dipadukan dengan bahan lain. Seperti hydrator, retinol, dan antioksidan lainnya.