Idap Tumor Jinak di Usus, Mpok Atiek Pilih Berobat ke Pengobatan Alternatif
Mpok Atiek (Instagram @mpok.atiek)

Bagikan:

JAKARTA - Komedian lawas yang akrab dipanggil dengan sebutan Mpok Atiek mengabarkan kalau dirinya mengidap tumor jinak di bagian ususnya. Hal ini diketahui ketika Mpok Atiek mengalami sakit terus menerus di bagian perutnya hingga tidak bisa melakukan buang air besar secara lancar dan teratur.

"Gejala awalnya cuma perut sakit terus menerus, kayak kembung, kayak begah, kayak sembelit begitu, terus babnya kan susah, 3 hari 4 hari baru BAB setelah dikasih pelumas maaf dari anus baru bisa keluar," ujar Mpok Atiek di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Rabu, 10 Januari.

Setelah diperiksakan ke dokter, Mpok Atiek diwajibkan untuk melakukan operasi di bagian perutnya. Namun, wanita berusia 67 tahun lebih memilih untuk melakukan pengobatan alternatif untuk penyakitnya ini.

"Sebetulnya harus di operasi lewat perut tapi kan udah di endoskopi kan jinak gitu nah terus kalau untuk dioperasi belum punya keberanian mpok berobat di alternatif di Ciawi, alhamdulillah hasilnya yang Mpok rasain udah gak rasain sakit, terus bab nya udah lancar," tuturnya.

Bukan tanpa sebab, rasa takut pemilik nama asli Atiek Riwayati ini muncul setelah ia melihat sendiri kondisi sang ibu yang juga pernah mengidap kanker harus menjalani pengobatan kemoterapi berkali-kali.

"Dioperasi lewat perut kalau mpok kan masih jinak nih kalah mamah mpok itu waktu itu sudah kanker gitu kan jadi mamah mpok itu waktu itu dikemo dulu," tuturnya.

"Habis dikemo diangkat terus BAB-nya lewat kantong gitu kan, nah terus berapa bulan kemudian dikembalikan lagi ke semula dan itu gak balik lagi jadi mpok trauma jadi mpok takut untuk menjalankan operasi gitu karena pengalaman mamah jadi trauma," sambungnya.

Meski tidak memiliki pantangan makan, namun kini Mpok Atiek lebih banyak mengonsumsi makanan-makanan yang sudah direbus terlebih dahulu.

"Ya kalau sekarang makannya mah udah rebus-rebusan aja, ya telor direbus, kentang di rebus, ya pokoknya direbus semua lah sayurnya juga," pungkasnya.