Kenali Ciri-Ciri Tahi Lalat yang Berbahaya, Waspada Kanker Kulit
Ciri-ciri tahi lalat yang berbahaya (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Tahi lalat merupakan bagian alami kulit yang biasanya terdapat pada tubuh setiap orang. Namun tak banyak orang tahu bahwa ada tanda-tanda tahi lalat yang menjadi gejala masalah kesehatan. Lantas seperti apa ciri-ciri tahi lalat yang berbahaya bagi kesehatan?

Adanya tahi lalat di permukaan kulit memang seringkali tidak menimbulkan dampak bahaya, sehingga banyak orang mengabaikannya. Namun ternyata ada juga jenis tahi lalat yang menandakan gejala kanker kulit melanoma. Itulah mengapa setiap orang perlu mengetahui ciri-ciri tahi lalat yang berbahaya atau memiliki risiko kesehatan. 

Mengapa Ada Tahi Lalat yang Berbahaya

Jenis tahi lalat yang tidak normal bisa menunjukkan gejala kanker kulit melanoma. Melanoma adalah jenis kanker kulit yang berasal dari sel-sel yang memproduksi pigmen melanin. Pigmen ini berfungsi memberikan warna pada kulit, rambut, dan mata. 

Meski melanoma termasuk jenis kanker kulit yang langka atau jarang dialami, namun kondisi ini tergolong masalah kesehatan serius. Kanker kulit melanoma memiliki tingkat keganasan yang tinggi dan bisa menyebar ke area tubuh lainnya apabila tidak segera diobati. 

Ciri-Ciri Tahi Lalat yang Berbahaya

Setelah mengetahui adanya jenis tahi lalat yang berbahaya bagi kesehatan, Anda perlu memahami perbedaan tahi lalat normal dan berbahaya. Penampilan tahi lalat melanoma memiliki perbedaan dengan tahi lalat yang normal. 

Tahi lalat yang muncul di permukaan kulit bisa berbeda-beda baik dari segi warna, bentuk, dan ukurannya. Tahi lalat yang tidak normal juga bisa menyebabkan gejala seperti gatal hingga pendarahan. 

Berikut ini beberapa tanda tahi lalat berbahaya yang penting untuk Anda ketahui:

Perubahan Warna 

Salah satu tanda yang bisa diamati untuk mendeteksi apakah tahi lalat berbahaya atau tidak adalah dari warnanya. Apabila tahi lalat mengalami perubahan warna secara drastis maka bisa menjadi indikator risiko kesehatan. 

Misalnya ketika warnanya berubah menjadi lebih gelap atau memiliki variasi warna mencolok. Terjadinya perubahan warna tersebut bisa menjadi tanda adanya perubahan dalam struktur atau aktivitas sel di dalamnya.

Asimetri Tidak Biasa

Tanda lain yang bisa dilihat dari tahi lalat yang berbahaya adalah asimetri yang tidak biasa.  Bentuk tahi lalat yang tidak simetris bisa menunjukkan adanya pertumbuhan sel yang tidak terkendali atau tidak normal. 

Kondisi tersebut seringkali menandakan adanya ketidakseimbangan dalam distribusi sel atau perubahan struktural yang mengindikasikan pada perkembangan patologis. Sel normal tahi lalat cenderung mempunyai bentuk dan distribusi yang simetris.

Ukuran Membesar dengan Cepat

Apabila tahi lalat mengalami perubahan ukuran secara cepat, maka Anda perlu mewaspadainya. Peningkatan ukuran secara drastis bisa menunjukkan adanya pertumbuhan sel yang tidak terkendali atau perubahan struktural. Kondisi tersebut dapat mengindikasikan potensi risiko kesehatan yang serius. 

Tahi lalat yang ukurannya bertambah besar dengan cepat mungkin membutuhkan evaluasi medis lebih lanjut. Langkah ini diperlukan untuk menentukan apakah pertumbuhan tersebut bersifat jinak atau memiliki potensi keganasan.

Bentuk Tahi Lalat Berubah

Bentuk tahi lalat juga perlu Anda perhatikan untuk mengamati apakah berbahaya atau tidak. Apabila tahi lalat mengalami perubahan bentuk lebih menonjol atau memiliki permukaan tidak rata, maka mengindikasikan bahaya potensial. Perubahan bentuk ini juga menandakan pertumbuhan sel yang tidak normal atau perubahan struktural di dalamnya.

Muncul Gejala Gatal dan Iritasi

Tahi lalat yang tidak normal atau berbahaya juga bisa diketahui dengan munculnya gejala tertentu. Apabila tahi lalat menimbulkan rasa gatal, iritasi, atau tidak nyaman maka perlu diperhatikan lebih lanjut. 

Gejala-gejala yang disebabkan oleh tahi lalat tersebut bisa menjadi tanda adanya masalah di dalamnya. Munculnya rasa gatal atau iritasi secara terus-menerus mungkin mengindikasikan kondisi peradangan atau reaksi yang perlu dideteksi dan ditangani secepatnya.

Terjadi Pendarahan atau Sekresi

Tahi lalat yang mengalami pendarahan tanpa sebab juga bisa menjadi tanda risiko kesehatan. Selain itu, apabila tahi lalat mengeluarkan cairan maka dapat mengindikasikan adanya peradangan atau infeksi. 

Demikianlah ulasan mengenai ciri-ciri tahi lalat yang berbahaya bagi kesehatan. Apabila mendapati tanda-tanda di atas pada tahi lalat yang ada di tubuh Anda, sebaiknya segera konsultasi ke dokter. Baca juga cara menghilangkan tahi lalat dengan bahan alami.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.