Cara Memulai <i>Mindful Eating</i>, Konsep Makan yang Baik untuk Kesehatan
Ilustrasi (Foto: Pixabay/Nimka93)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Cara memulai mindful eating perlu diperhatikan, khususnya bagi Anda yang ingin menjaga berat badan tetap ideal.

Dikutip dari Ai-Care, mindful eating adalah sebuah konsep dalam memakan dengan menggunakan kesadaran penuh. Konsep ini menekankan pentingnya memilih makanan dan minuman yang baik untuk tubuh.

Saat menerapkan mindful eating, Anda tidak akan sekedar mengambil lauk ke dalam piring, namun juga memerhatikan makanan apa saja yang akan disantap, serta berapa banyak porsi yang diambil. Dengan demikian, Anda dapat mengontrol jumlah makanan dan minuman yang masuk di dalam tubuh.

Selain itu, mindful eating juga dapat membantu Anda lebih menikmati rasa makanan, mengenali tanda-tanda lapar, puas, dan kenyang.

Lantas, bagaimana cara memulai mindful eating? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Cara Memulai Mindful Eating

Telah disinggung di atas, praktik mindful eating menekankan pentingnya memilih makanan dan minuman yang baik untuk tubuh.

Selain itu, cara ini juga terbukti bisa menurunkan berat badan, mengurangi makan berlebihan, bahkan bisa memengaruhi psikologis Anda.

Dikutip dari Healthline, ketika makan dengan sadar, secara tidak langsung Anda jadi bisa membedakan antara rasa lapar fisik dan emosional. Hal ini bisa membantu Anda mengetahui pemicu lapar, apakah karena kebutuhan tubuh atau kebutuhan nafsu.

Sebuah riset menunjukkan bahwa makan dengan kesadaran penuh membantu turunkan berat badan dengan mengubah perilaku makan dan mengurangi stres.

Oleh sebab itu, mindful eating sangat disarankan bagi Anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan atapun menjaga berat badan tetap ideal. Pasalnya, bukan hanya makanan yang diganti, namun juga bisa mengubah cara Anda memandang makanan.

Adapun cara memulai mindful eating adalah sebagai berikut:

  • Menghargai makanan: Menurut Harvard School of Public Health, salah satu cara menerapkan mindful eating adalah menghargai setiap makanan yang tersaji di piring. Pikirkan dari mana makanan itu berasal, hingga siapa saja yang menyajikan. Hal-hal tersebut akan membuat Anda lebih menghargai makanan.
  • Makan tanpa distraksi: Makan sembari menonton televisi, YouTube, atau bermain game, bahkan sambil bekerja bukanlah hal yang baik. Usahakan makan tanpa gangguan apapun dan hanya fokus pada apa yang tersaji di piring Anda.
  • Libatkan semua Indera: Perhatikan suara, warna, bau, rasa, dan tekstur makanan. Beri jeda secara berkala untuk melibatkaan semua indera ini.
  • Makan secara perlahan: Usahakan tidak terburu-buru saat makan. Sebaliknya, makanlah dengan perlahan, kunyah makanan hingga teksturnya benar-benar lembut. Para ahli menyarankan untuk mengunyah makanan setidaknya 30-32 kali atau hingga tekstur makanan cukup lembut untuk ditelan. Mengunyah secara perlahan memberi kesempatan Anda merasakan makanan dengan lebih baik sehingga menimbulkan perasaan senang setelah makan.

Demikian informasi tentang cara memulai mindful eating. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.