Bagaimana Cara Mengenali Tingkah Laku Pasangan yang sedang Berbohong?
Ilustrasi (Charlie Foster/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Apakah Anda merasa sedang tidak nyaman dengan pasangan akhir-akhir ini? Anda merasa tiap perkataan yang dilontarkan terasa janggal terlebih lagi tidak konsisten. Apa yang dilontarkan kemarin bisa berubah lagi hari ini.

Pasti, Anda langsung auto bereaksi mencium hal aneh. Tapi, sebelum menuduh yang bukan-bukan, sebaiknya perhatikan dulu tanda pasangan berbohong berikut ini baru Anda simpulkan sendiri.

Lama menjawab pertanyaan

Jika jawaban dari pertanyaan Anda disampaikan dengan jeda agak lama, sepertinya ini memang patut dicurigai. Saat pasangan menjawab agak lama dengan nada terbata-bata itu artinya ia sedang berpikir untuk mencari alasan sebelum menjawab. Bahkan jika ia sedang membuat alibi, otaknya tetap butuh waktu untuk mengingat rincian alasannya.

Jika orang tersebut jujur, ia akan menjawab pertanyaan dengan cepat dan tanpa ragu. Soalnya ia menceritakan sesuatu sesuai dengan kejadian sebenarnya.

Menutupi Wajah

Tanda pasangan berbohong yaitu menutupi wajah. Saat seseorang sedang gugup, tanpa disadari beberapa area di wajah juga akan bereaksi. Misalnya, bibir jadi bergetar, hidung kembang kempis, dan mata berkedip lebih cepat dari biasanya.

Jika pasangan tiba-tiba menggosok-gosok mata, menggaruk hidung, atau meletakkan tangan di bibir saat menjawab pertanyaan atau bercerita sesuatu, tampaknya ada sesuatu yang terjadi.

Menolak Kontak Mata

Tanda pasangan berbohong selanjutnya adalah menolak kontak mata. Jika pasangan sedang berbohong, ia juga berusaha menghindari kontak mata saat berbicara. Sebab, jika berkontak mata ia akan merasa lebih gugup dan susah berkonsentrasi dengan kebohongannya. Bisa-bisa, ia bakal membuka kebohongannya sendiri.

Kalau Anda merasa ia sedang menyembunyikan sesuatu, minta ia jawab pertanyaan sambil menatap lekat mata Anda. Lalu, lihat bagaimana ia merespon.

Ceritanya Berubah-ubah

Cerita berubah-rubah jadi tanda pasangan berbohong. Setiap orang bisa jadi pelupa. Tapi kalau cerita yang disampaikan pasangan seringnya berubah-ubah, maka Anda harus lebih waspada.

Memberi Terlalu Banyak Informasi

Saking berusaha keras biar Anda yakin, ia akan memberi tahu banyak detail informasi. Bahkan menceritakan hal-hal yang tidak Anda tanyakan sekalipun. Ini bisa jadi tanda pasangan berbohong.

Terlihat Gusar

Saat dia sedang takut rahasianya terungkap, pasangan bakal terlihat gusar. Ciri-cirinya seperti mengetuk-ngetuk kaki, menggigit bibir bagian bawah, atau kebiasaan lain yang biasa ia tunjukkan saat sedang gelisah.

Mengalihkan Pembicaraan

Agar kebohongannya tidak terungkap, ia akan mengalihkan topik pembicaraan biar Anda tidak menanyakan hal tersebut lebih spesifik lagi. Justru, Anda akan ditanyakan kembali agar obrolan jadi tidak fokus sehingga Anda lupa menginterogasinya lebih lanjut.

Suara atau Tingkah Lakunya Berubah

Anda pasti lebih mengenal pasangan dengan baik. Jadi, kalau Anda menanyakan sesuatu dan dijawab dengan nada berubah dari biasanya atau sikapnya tiba-tiba jadi aneh, maka ini bisa menguatkan alasan pasangan berbohong.

Tapi, jangan langsung menuduh pasangan berbohong, ya. Jalin dulu komunikasi yang baik dengannya. Karena semua bisa diselesaikan dengan komunikasi yang baik dan terbuka. Saling jujur itu penting.