5 Manfaat Kontak Mata saat Hubungan Intim Menurut Sains
Ilustrasi kontak mata saat hubungan intim menurut sains (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Pasangan yang kontak mata menandai keintiman secara emosional maupun fisikal. Namun tahukah Anda, bahwa 32 persen pasangan tidak melakukan kontak mata saat berhubungan intim. Pasangan mungkin merasa canggung atau malu. Untuk pengetahuan, sains mengungkapkan bahwa kontak mata selama momen intim bisa mendebarkan sekaligus intens. Ini kenapa Anda dan pasangan perlu mempertimbangkan manfaat kontak mata saat berhubungan intim.

1. Koneksi oksitosin

Kenyamanan saat bersama pasangan tentu berbeda jika bersama orang lain. Ini menandai bahwa pasangan Anda adalah orang spesial yang mana oksitosin bekerja dengan baik. Oksitosin juga dilepaskan ketika Anda dan pasangan tanpa keengganan saling melakukan kontak mata. Melansir YourTango, Minggu, 29 Oktober, menatap mata dapat melepaskan hormon oksitosin dan secara harafiah, aspek biologis berkontribusi pada cinta.

2. Tanpa disadari membangun kesamaan

Tanpa sadar, Anda mendapati diri meniru tindakan pasangan tanpa memikirkannya. Ini disebut mirror neurons yang mana sel-sel otak membantu kita memahami dan berempati dengan orang lain. Saat Anda bertatapan, neuron-neuron ini menciptakan rasa kebersamaan.

kontak mata saat hubungan intim menurut sains
Ilustrasi kontak mata saat hubungan intim menurut sains (Freepik)

3. Aktivasi sistem limbik

Emosi yang intens bisa didapat ketika pasangan kontak mata pada saat-saat rentan, seperti saat bercinta. Saat tersebut mengarah pada kerja sistem limbik, yang bekerja pada pusat emosi di otak. Aktivitas kontak mata saat bercinta, seperti mengendalikan perasaan dan membuat segalanya lebih jelas serta lebih hidup.

4. Bentuk keintiman paling utama

Seperti halnya ketika kita berbohong, mata cenderung enggan untuk menatap. Meskipun setiap budaya mungkin berbeda cara pandang dalam konteks tatapan mata, tetapi memandang pasangan saat berhubungan seks adalah bentuk keintiman yagn paling utama.

5. Komunikasi tanpa kata

Banyak orang menganggap mata adalah jendela untuk masuk dan mengenali isi hati. Komunikasi adalah landasan hubungna yang baik, tetapi tak melulu dengan kata-kata verbal. Meskipun kata-kata verbal lebih jelas, tetapi pasangan yang kontak mata saat hubungan seks juga memberikan isyarat tertentu. Tentang apakah momen intim berdua menyenangkan atau sebaliknya. Jadi, saling membaca dan mengenali dengan bertukar pandangan, juga termasuk cara berkomunikasi tanpa kata-kata.

Itulah lima manfaat kontak mata saat hubungan intim. Seperti yang disampaikan di atas, Anda atau pasangan mungkin canggung pada awalnya. Tetapi, baik bercinta dengan menutup mata atau saling kontak mata, perlu dicoba sebagai variasi atau untuk menemukan mana yang paling menyenangkan untuk berdua.