5 Tips Membuat Rencana Hidup Biar Makin Teratur
Ilustrasi (MART Production/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Salah satu karakter hidup adalah selalu berubah. Ketika Anda merasa terombang-ambing atau hanya ingin mencari prioritas, Anda mungkin mau mempertimbangkan untuk membuat rencana hidup. Yang menarik adalah rencana hidup bisa memberi struktur pada hidup Anda namun juga berubah dan tumbuh bersama Anda.

Manusia memang tidak diberikan panduan hidup yang pasti, namun Anda bisa membuat rencana hidup yang disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan Anda. Baca terus untuk mengetahui bagaimana merencanakan hidup dalam lima langkah berikut.

Perhatikan apa yang cocok dan tidak bagi Anda

Saat bersiap membuat rencana hidup, pertama-tama Anda perlu mencari tahu apa yang diinginkan dan juga apa yang perlu diubah. Untuk memulai memang sulit rasanya. Namun, di situlah Anda akan memahami seperti apa hidup Anda saat ini dan jujur tentang hal-hal apa saja yang tak berhasil di hidup Anda. 

Luangkan waktu untuk memikirkan setiap bagian kehidupan dan jujurlah tentang pengaruhnya terhadap Anda, baik secara negatif maupun positif. Membuat jurnal dapat membantu menjelajahi berbagai bagian kehidupan dan mengidentifikasi sumber stres. Anda dapat membuat daftar, narasi, peta pikiran, atau menggunakan format teks/visual lain untuk mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang keadaan dan menyoroti area yang ingin Anda perbaiki.

Cantumkan prioritas Anda

Pikirkan apa saja yang jadi prioritas Anda. Bagaimana kehidupan tersebut saat ini bermanfaat dan membantu Anda? Saat membuat rencana hidup, sesuaikan prioritas seperti hal-hal yang penting dan ingin Anda pertahankan dalam hidup.

Guna memastikan Anda menghabiskan waktu untuk hal yang benar-benar penting, pikirkan tentang apa yang paling Anda hargai dalam hidup. Perhatikan cara Anda mengekspresikan nilai-nilai melalui perilaku Anda. Itu berarti melihat hal-hal yang Anda lakukan dalam sehari dan bertanya pada diri sendiri apakah Anda benar-benar menghargai aktivitas tersebut atau tidak.

Buat rencana hidup jangka panjang

Jangan batasi diri membuat rencana beberapa bulan ke depan saja tapi juga coba buat jangka panjang. Pikirkan tentang di mana Anda ingin berada di masa depan dan tujuan apa yang dapat Anda tetapkan sekarang yang akan membantu mencapainya.

Ketika sudah punya gambaran dalam pikiran, coba mundur kembali. Berbalik dari tujuan Anda akan membantu memperjelas langkah-langkah apa yang dapat diambil saat ini dan dalam waktu dekat untuk lebih dekat dengan tujuan jangka panjang.

Misal, jika Anda ingin bekerja di bidang baru dalam beberapa tahun, sekarang adalah waktu yang tepat menjalin koneksi di industri tersebut atau mencari pelatihan yang dapat Anda lakukan di luar jam kerja.

Tulis setiap langkah yang dilakukan

Bandingkan keadaan yang Anda inginkan di masa depan dengan keadaan saat ini. Kemudian, bagilah jalur dari "sini" ke "sana" menjadi langkah-langkah kecil yang dapat dikelola sehingga akan terasa lebih mudah dilakukan.

Menyusun langkah-langkah tidak hanya membuat perjalanan Anda tidak terlalu berat, ini juga membantu Anda tetap hadir dan mampu merasakan kesuksesan. Sehingga Anda tetap merasa positif dan termotivasi.

Dengan kecepatan ini, Anda juga akan lebih mampu melihat di mana Anda perlu mengubah rencana seiring berjalannya waktu. Dan dapat secara konsisten menempatkan satu langkah di depan langkah lainnya dan bergerak maju.

Tinjau ulang rencana hidup Anda

Hidup selalu berubah, begitu juga kita. Tujuan dan prioritas Anda ketika berumur 15 tahun mungkin tidak sama dengan tujuan Anda saat berumur 25 atau 45 tahun. Penting untuk meninjau ulang rencana hidup Anda setiap beberapa waktu untuk memastikan bahwa Anda mengikuti rencana yang benar-benar akan memberi Anda hidup bahagia dan memuaskan.