Bagikan:

YOGYAKARTA - Apa yang terlintas di pikiranmu saat menemukan pertanyaan" Apa itu entrepreneur?". Jawabannya bisa jadi bermacam-macam ya, dapat didefinisikan selaku seseorang pebisnis berhasil, suatu profesi dengan pemasukan besar, serta sebagainya. Lantas kapan seseorang bisa disebut entrepreneur?

Entrepreneur merupakan suatu sebutan universal yang menggambarkan seorang yang penuh dengan inspirasi kreatif serta inovatif di kepalanya sehingga sanggup menghasilkan sesuatu bisnis yang berhasil. Entrepreneur bukan jenis orang yang cuma diam serta menikmati setelah bisnisnya mencapai kesuksesan, tetapi ia bakal terus menggali ide-ide baru yang inovatif supaya bisnisnya dapat terus beradaptasi dengan kondisi.

Tidak heran pula apabila banyak orang yang menyangka kalau entrepreneur maksudnya merupakan orang yang sanggup menolong orang lain dalam perihal kesempatan kerja. Ini disebabkan biasanya para entrepreneur sejati memanglah tidak bekerja buat dirinya sendiri, melainkan bakal senantiasa memerlukan bantuan orang lain dalam perihal pengembangan bisnisnya.

Makna Entrepreneur

Lantaran kerap ditafsirkan selaku seseorang pebisnis yang berhasil, tidak heran kesimpulannya banyak yang menyangka makna entrepreneur secara simpel merupakan pengusaha. Apakah entrepreneur serta pengusaha merupakan perihal yang sama?

Penjelasannya kurang lebih begini: pengertian entrepreneur ialah seorang yang melaksanakan serta meningkatkan bisnisnya dengan penuh inovasi. Para entrepreneur merupakan orang- orang yang bukan cuma mengelola bisnis, melainkan pula bakal menanggung resiko yang bisa jadi timbul di tengah jalan. Keuntungan yang akhirnya mereka miliki dalam jumlah besar, dapat dianggap selaku imbalan dari hasil kerja kerasnya.

Sedangkan, pengusaha merupakan orang yang melaksanakan usahanya sendiri, bukan bekerja buat orang lain. Jadi, dapat disimpulkan kalau seseorang pengusaha belum pasti merupakan seseorang entrepreneur, tetapi seseorang entrepreneur pastilah seseorang pengusaha.

Kapan Seseorang Bisa Disebut Entrepreneur

Seorang dapat diberi istilah selaku entrepreneur bila di dalam dirinya mempunyai sebagian karakteristik ataupun karakteristik spesial. Ciri-ciri tersebut, antara lain:

1. Bersikap serta Berpikiran Optimis

Entrepreneur merupakan orang yang senantiasa beranggapan positif. Ia berani mengejar mimpinya, percaya kalau mimpi tersebut bakal terwujud. Perilaku optimis ini pula yang seringnya menular kepada rekan- rekan kerjanya yang lain.

2. Berpikiran Terbuka

Tidak hanya senantiasa positif, berpikiran terbuka pula ialah karakteristik dari entrepreneur. Metode berpikir semacam inilah yang menjadikan seseorang entrepreneur peka terhadap seluruh pergantian yang ada serta tidak memerlukan waktu yang lama buat sanggup menyesuaikan diri.

3. Senantiasa Fokus

Daya fokus seseorang entrepreneur umumnya terletak di atas rata-rata, bila telah memfokuskan diri pada sesuatu, jarang terdapat perihal lain yang dapat mengusik konsentrasinya.

4. Sanggup Menyelesaikan Masalah

Seringnya, entrepreneur merupakan seseorang problem solver di dalam perusahaan ataupun bisnis. Jadi, bukan cuma memikirkan ataupun menghasilkan hal-hal baru dalam bisnis, mereka pula wajib sanggup memecahkan permasalahan yang dialami dengan bijak serta yang tentu tidak memunculkan kerugian.

5. Berani Mengambil Risiko

Jadi seseorang entrepreneur maksudnya tidak khawatir akan sesuatu permasalahan, mereka malahan berani mengambil resiko. Perihal ini dicoba bukan secara sembarangan, melainkan sudah lewat proses pemikiran yang panjang.

6. Sanggup Menghasilkan Kesempatan Bisnis

Sebab umumnya senantiasa mempunyai ide- ide kreatif serta inovatif, entrepreneur diketahui selaku seorang yang senantiasa sanggup menciptakan kesempatan bisnis yang out of the box, tidak sempat terpikirkan oleh orang lain sebelumnya. 

Jadi setelah mengetahui kapan seseorang bisa disebut entrepreneur, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!