Apa Itu Entrepeneur Hub?
MenKopUKM Teten Masduki dalam acara Kick off Entrepreneur Hub (Foto: Dok. KemenKop UKM)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Beberapa waktu lalu, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KemenKop UKM) meluncurkan platfom entrepreneur hub. Platform ini diharapkan dapat menjadi medium kolaborasi berbagai pihak untuk mengembangkan kewirausahaan di Indonesia dalam rangka menumbuhkan wirausaha mapan dengan usaha yang inovatif dan berkelanjutan. Lantas, apa itu entrepreneur hub? Berikut ulasan lengkapnya.

Apa itu Entrepreneur Hub?

Disadur dari laman ehub kemenkopukm, Entrepreneur Hub adalah platform ekosistem wirausaha Indonesia agar berwirausaha jadi lebih gampang.

Platfrom ini menyajikan berbagai informasi untuk berwirausaha mulai dari mencari ide usaha, mengelola dan mengembangkan usahanya sehingga untuk menjadi wirausaha akan menjadi lebih mudah.

Melansir VOI, Deputi Bidang Kewirausahaan Kemenkop UKM, Siti Azizah mengatakan, entrepreneur hub adalah program yang dirancang secara terpadu dan berkelanjutan dengan melibatkan berbagai pihak.

"Entrepreneur Hub mampu menjadi wadah kolaborasi dari berbagai pihak yang memiliki visi dan misi yang sama terkait pengembangan kewirausahaan," tutur Azizah pada Jumat, 12 Mei 2023.

Azizah menyebut Entrepreneur Hub sebagai sebuah terobosan yang dapat mengintegrasikan pemerintah (pusat dan daerah), perguruan tinggi, BUMN, swasta, dan komunitas/asosiasi ke dalam satu program dengan konsep berbagi sumber daya.

Dia menambahkan, Entrepreneur Hub dibentuk untuk memfasilitasi para pelaku usaha, agar mampu membangun dan mengembangkan usahanya.

"Hal ini sejalan dengan arahan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki untuk menciptakan satu juta wirausaha baru di 2024 menuju negara maju," ucapnya.

Azizah berharap program Entreprenuer Hub dapat meningkatkan jumlah dan peran pemangku kepentingan dalam pengembangan kewirausahaan.

"Yang pada akhirnya akan meningkatkan angka rasio kewirausahaan di Indonesia," tuturnya.

Sementara itu, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan,  Entrepreneur Hub disiapkan untuk melahirkan entrepreneur dan start-up baru yang inovatif dan berwawasan teknologi.

"Kami beruntung, saat ini di Indonesia terdapat 2.600 start-up dan menjadi yang terbesar keenam dunia. Indonesia punya embrio terbaik untuk dikembangkan melahirkan start-up hingga entrepreneur berkualitas," ujarnya dalam acara Road To Indonesia Startup Ecosystem Summit 2023 (ISES 2023) yang digelar di Solo pada Jumat, 11 Agustus 2023.

Teten menjelaaskan, pemerintah mempunyai target untuk meningkatkan rasio wirausaha di Indonesia menjadi 4 persen pada 2024, dari saat ini di kisaran 3,47 persen.

“Untuk itu, perlu sebuah platform yang dapat mempertemukan berbagai ekosistem yang lebih besar guna mendorong rasio kewirausahaan di Indonesia,” terang Teten.

Sekedar informasi tambahan, platform Entrepreneur Hub memiliki beberapa fungsi, antara lain sebagai one stop service, yang memudahkan pelaku usaha memulai dan menumbuhkan usahanya.

Selain itu, Entrepreneur Hub juga dijadikan sebagai pusat data wirausaha yang memungkinkan pelaku usaha memperoleh treatment yang sesuai dengan kebutuhan.

Program Entrepreneur Hub juga membuka kesempatan UMKM berkonsultasi dengan mentor-mentor professional secara online.

Demikian informasi tentang apa itu Entrepreneur Hub. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.