Cerita Achmad Albar Debut Bermain Film Berkat Bantuan Ayah Camelia Malik
Achmad Albar dan Fachry Albar (Instagram/@aialbar)

Bagikan:

JAKARTA - Musisi legendari sekaligus penyanyi dari grup band Godbless, Achmad Albar menceritakan pengalamannya ketika ditawarkan untuk bermain film. Iyek, panggilan akrab Achmad Albar bercerita bahwa hal ini pertama kali terjadi ketia ia berusia 11 tahun.

Ia bercerita bahwa ayah dari Camelia Malik menawarkan dirinya untuk ikut bermain dalam sebuah film berjudul Jenderal Kancil. Di mana pada saat itu ayah dari Camelia Malik, Djamaludin Malik memiliki perusahaan film.

"Ayah Camelia Malik itu punya perusahaan film. Saat itu pertnernya Usmar Ismail. Pada saat itu umur saya 10 atau 11, jadi saya ikut main di film Jenderal Kancil," kata Ahmad Albar dalam konferensi pers virtual, Kamis, 2 November.

Belum memiliki pengalaman di bidang seni peran, Iyek mengaku membutuhkan waktu 2 hingga 3 kali untuk casting demi mendapatkan peran sebagai seorang jenderal di dalam film itu.

"Semangat aja. Tapi ya mengikuti casting pada saat itu. Sekitar 2 sampai 3 kali casting. Akhirnya saya diterima jadi jenderalnya. Jadi, kecil-kecil saya jadi Jenderal," tutur Ahmad.

Tak disangka, film debutnya itu ternyata menjadi film anak terbaik di Film Festival Singapura di mana pada saat itu film tersebut menjadi salah satu tontonan wajib untuk anak-anak.

"Bangga sekali. Karena pas saya di Belanda, saya malah dengar film Jenderal Kancil jadi film anak terbaik di Festival Film di Singapura. Saat itu, film itu diwajibkan untuk ditonton oleh anak-anak di SD Negeri," jelas Ahmad Albar.