Bagikan:

JAKARTA - Setelah tayang di negara asalnya, film Not Friends akhirnya menyambangi Indonesia untuk ditonton oleh penikmat film tanah air. Film ini merupakan karya debut Atta Hemwadee yang menjadi perwakilan Thailand untuk kategori International Feature di Academy Award ke-96.

Film ini juga mempertemukan Anthony Buisseret dan Thitiya Jirapornsilp setelah keduanya debut akting lewat film berjudul You & Me & Me pada tahun 2023. Ceritanya yang bertema coming of age memiliki premis persahabatan dan dunia film yang erat dengan kehidupan kita.

Film Not Friends mengisahkan Pae (Anthony Buisseret), seorang siswa yang baru pindah ke sebuah sekolah. Di sana, ia duduk sebangku dengan Joe (Pisitpol Ekaphongpisit) yang sangat ceria dan lugas namun Pae menolak berteman dengannya.

Setelah karyawisata, Pae menyaksikan Joe meninggal dunia usai ditabrak mobil di depan sekolah. Insiden itu membuat sekolah berduka, tapi dalam seminggu - situasi menjadi seperti semula. Pae dan teman-teman fokus dengan persiapan untuk kuliah.

Pae sendiri memiliki kesulitan karena ia diminta sang ayah untuk melanjutkan bisnisnya, padahal Pae sangat ingin belajar film. Hingga suatu ketika, seorang senior mengumumkan lomba film pendek yang berhadiah kuliah jurusan film. Pae mulai tercerahkan dan mengikuti lomba dengan menggunakan cerita mengenang mendiang Joe.

Rencana itu ternyata disambut oleh pihak sekolah dan keluarga Joe dengan baik. Bokeh (Thitiya Jirapornsilp) datang dan mengaku sebagai teman sebangku Pae di masa SMP. Keduanya mulai mengerjakan film pendek itu dengan tujuan ingin memberi hadiah terakhir bagi Joe.

Akan tetapi, seiring waktu berjalan, justru Pae dan Bokeh mulai menemukan sejumlah hal yang tidak mereka ketahui soal Joe dan mempertanyakan persahabatan mereka dengan Joe yang sebenarnya.

Not Friends memulai penceritaan dengan dinamis, hingga menuju pertengahan cerita dibalut dengan sub plot yang dijahit dan berkembang dari cerita utamanya. Penonton disarankan untuk terus menyimak apa yang terjadi dengan Joe dan Pae karena mereka menjadi benang utama cerita.

Semula ceritanya berfokus dengan konsep pembuatan film Joe, namun setelah berjalan beberapa waktu, ceritanya mulai menyorot kepada Bokeh, Joe, dan beberapa karakter lainnya. Penceritaannya kian melambat namun hal ini justru membuat penonton lebih mengenal karakternya.

Not Friends (GDH)

Jika Anda penikmat film, Anda mungkin akan sangat menikmati referensi komedi tentang film dalam Not Friends.

Transisi dari komedi menjadi dramanya juga mengesankan dikarenakan pengambilan adegannya yang tidak biasa. Momen-momen ketika Pae, Bokeh, dan teman-temannya membuat film tentang Joe itu yang menjadi highlight dari pengisahan ini.

Not Friends (GDH)

Anthony Buisseret dan Thitiya Jirapornslip bermain apik setelah diduetkan dalam film perdana mereka. Visual dan warna yang apik juga menjadi pelengkap cerita Not Friends yang semakin mengharukan menuju akhir cerita.

Film Not Friends menajdi film persahabatan, surat cinta untuk film, dan bagaimana Atta Hemwadee mengolah cerita remaja tanpa romansa dalam kesatuan yang layak disaksikan di layar lebar. Not Friends tayang mulai hari ini, Rabu, 24 Januari 2024 di bioskop Indonesia.