Bagikan:

JAKARTA - Sebagai orang tua, selalu menjalin komunikasi dengan anak adalah suatu keharusan. Namun terkadang, cara penyampaian pesan yang dilakukan oleh orang tua kurang tepat dan malah memberikan contoh buruk bagi anak.

Dalam berkomunikasi dengan anak, cara penyampaian positif pasti dapat diterima anak dengan baik dan menjadikannya pribadi positif pula. Berikut lima manfaat komunikasi positif yang dijalin antara orang tua dan anak.

Anak Lebih Mau Mendengarkan

Logika dasar, mana yang lebih disukai, orang berbicara pada Anda dengan nada kasar maupun kritis atau orang bicara pada Anda dengan suara tenang, masuk akal, dan positif? Bahkan jika ada perbedaan pendapat atau Anda perlu mengoreksi sesuatu yang dilakukan anak, suara yang lembut, meskipun tegas, kemungkinan besar akan lebih menarik perhatian anak. Dan dia akan lebih cenderung mendengarkan apa yang Anda katakan.

Bersikap Keras Tidak Efektif

Jika Anda membentak atau berbicara secara agresif kepada anak, kecil kemungkinan Anda akan mendapat hasil yang baik, bahkan ini bisa merusak hubungan Anda. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa membentak sama berbahayanya dengan disiplin yang agresif. Tentu saja, anak mungkin mendengarkan dalam jangka pendek, namun jika Anda ingin anak mengembangkan keterampilan yang dia perlukan untuk mengatur perilakunya sendiri. Berbicara dengan nada positif merupakan cara yang lebih baik.

Anak Belajar Dari Perilaku Orang Tua

Cara paling pasti membuat anak berbicara baik kepada Anda adalah dengan berbicara baik kepadanya. Jika Anda terus menerus mengkritik dan berkata kasar padanya maka kemungkinan besar dia juga akan melakukan hal yang sama pada Anda.

Membangun Hubungan yang Lebih Kuat

Jika memperlakukan anak dengan rasa hormat dan kebaikan, Anda akan memperkuat ikatan antara orang tua dan anak. Ucapkan "Terima kasih" dan "Tolong" saat Anda berbicara dengan anak serta jelaskan dengan tegas bahwa Anda mengharapkan dia melakukan hal yang sama. Memperlakukan satu sama lain dengan sopan santun plus rasa hormat akan mendekatkan Anda. Sama halnya dengan kata-kata kasar dan suara keras akan mempunyai efek sebaliknya.

Anak Akan Lebih Hormat

Saat Anda menggunakan nada suara positif dengan anak di rumah, dia secara alami akan melakukan hal ini di sekolah dan di lingkungan lain.Kemudian orang-orang di sekitar anak akan mengomentari sikapnya yang manis dan cara berbicaranya yang baik. Dan dia akan bangga dengan keterampilan ini.