Mengenal Gynophobia, Ketakutan Seseorang Terhadap Wanita
Ilustrasi fobia (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Tahukah Anda ada sebuah fobia atau ketakutan seseorang terhadap wanita yang disebut dengan gynophobia? Penyakit kesehatan mental tersebut bisa dialami oleh siapa saja. Artikel ini akan membahas apa itu gynophobia.

Apa Itu Gynophobia?

Dikutip dari situs medicalnewstoday, gynophobia adalah salah satu jenis gangguan kecemasan terhadap wanita. Seseorang yang mengalami gynophobia akan mengalami kecemasan atau ketakutan saat berhadapan dengan seorang wanita atau hanya berdekatan dengan mereka. Namun perlu diketahui bahwa pengidap gynophobia tidak serta merta membenci atau memiliki prasangka buruk terhadap wanita.

Perlu diketahui bahwa gynophobia bisa dialami oleh pria maupun wanita, baik anak-anak maupun dewasa. Ketakutan ini akan bermanifestasi fisik berupa sesak, berkeringat, berdebar, sakit perut, bahkan pusing saat penderita berada di dekat wanita. Sedangkan pada anak-anak penolakan bisa terlihat dari amukan, tangisan, atau penolakan terhadap wanita secara langsung.

Penyebab Gynophobia

Dalam situs healthline dikatakan bahwa para ahli tidak benar-benar yakin apa penyebab gynophobia. Namun beberapa kemungkinan yang jadi penyebab gynophobia adalah sebagai berikut.

  • Memiliki pengalaman buruk dengan perempuan bisa berupa kekerasan mental, fisik, atau bisa karena penelataran, pemerkosaan, pelecehan seksual, atau penyerangan fisik.
  • Faktor genetika dan lingkungan, bisa juga dipicu oleh perilaku yang dipelajari seorang anak setelah melihat orang tua atau orang-orang terdekat mereka.
  • Karena perubahan cara kerja otak.

Orang yang Rentan Terkena Gynophobia

Gynophobia bisa dialami oleh seseorang dalam kondisi tertentu. Berikut ini golongan yang rentan mengalami gynophobia.

  • Remaja

Seorang remaja bisa mengalam gynophobia karena fobia bisa terjadi di masa kanak-kanak bahkan sejak usia 10 tahun.

  • Warisan

Ada kemungkinan gynophobia didapatkan oleh seseorang dari warisan keluarganya, baik dari ayah maupun ibunya.

  • Perkembangan Kepribadian

Seseorang yang memiliki kepribadian atau temperamen yang lebih sensitif, atau karena perkembangan yang terhambat dibanding orang lain.

  • Pengalaman Negatif

Seseorang yang mengalami pengalaman buruk bisa merasa ketakutan terhadap wanita, baik saat anak-anak maupun sudah dewasa. Pengalaman bisa didapat secara langsung atau berdasarkan cerita orang terdekat.

Gejala Gynophobia

Perlu diketahui bahwa gynophobia masuk dalam jenis fobia spesifik sehingga gejala dan tandanya mirip dengan jenis fobia lain, hanya saja sumber ketakutannya berasal dari wanita. Beberapa gejalagynophobia adalah sebagai berikut.

  • Panik atau cemas saat berdekatan dengan wanita, bahkan saat memikirkan wanita penderita bisa mengalami kecemasan.
  • Tidak mau berinteraksi bahkan berdekatan dengan wanita
  • Menghindari kontak dengan wanita
  • Mengalami manifestasi ketakutan seperti mual, pusing, degub jantung berdebar kencang

Cara Mengobati Gynophobia

Pengobatan terhadap fobia ini dilakukan mirip dengan penanganan fobia lainnya. Beberapa cara pengobatan gynophobia adalah sebagai berikut.

  1. Terapi

Terapi dilakukan dengan berbagai metode, umumnya penderita akan pelan-pelan diminta untuk membiasakan diri berdekatan atau menghadapi seorang wanita.

  1. Terapi perilaku kognitif (CBT)

Cara ini dilakukan untuk memperbaiki proses berpikir (kognitif) penderitanya terhadap wanita sehingga mereka respon yang muncul dari sumber ketakutannya akan berubah.

  1. Obat

Harus diketahui bahwa obat yang diberikan tidak untuk mengobati, namun hanya membantu meredakan gejala yang dialami oleh penderita.

Itulah informasi terkait apa itu gynophobia. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainya.