5 Kebiasan Sehari-hari yang Dapat Meningkatkan Rasa Percaya Diri
Ilustrasi wanita percaya diri (Pexels/Moose photos)

Bagikan:

JAKARTA – Menjalin relasi dengan orang lain akan membuka berbagai kesempatan meraih kualitas hidup. Misalnya, menambah pengetahuan, jejaring penunjang karier, dan lebih bahagia. Lantas, bagaimana jika merasa tidak percaya diri dan enggan bergaul dengan orang baru?

Joan Rosenberg, Ph.D mengatakan bahwa banyak informasi yang saling bertentangan tentang bagaimana memiliki kepercayaan diri. Rosenberg sebagai pakar emosi mendalami dan menyimpulkan bahwa percaya diri terbentuk dari atom-atom keyakinan.

“Keyakinan akan berkembang ketika seseorang memiliki perasaan mendalam sehingga mampu menangani berbagai situasi emosional yang sedang dihadapi,” ungkap Rosenberg dilansir dari Psychology Today, Rabu, 10 Februari.

Kepercayaan diri artinya dapat dirasakan ketika bersikap ‘saya bisa melakukannya’. Menurut Rosenberg, ada lima cara meningkatkan percaya diri dan Anda dapat menjadikannya kebiasaan sehari-hari. Atau Anda sudah memiliki kebiasaan di bawah ini?

Berkesadaran penuh

Langkah pertama berdasarkan saran Rosenberg, Anda perlu beraktivitas dengan kesadaran penuh. Meski perasaan sedang tidak menyenangkan, Anda perlu menyadarinya. Pada intinya, seseorang perlu menyadari apa yang diketahui, termasuk perasaan negatif yang sejenak singgah.

Menghindari hadirnya perasaan negatif sangat tidak direkomendasikan. Maka cobalah untuk mengenali bagaimana itu kesedihan, rasa malu, tidak berdaya, kemarahan, kerentanan, kekecewaan bahkan frustasi.

Menyadari perasaan-perasaan tersebut, artinya Anda siap move on dari rasa kecewa dan kekuatan emosional akan terbangun. Sederhananya, cobalah membumi, berdamai, dan lebih jujur pada diri sendiri. Ini awal dari membangun kepercayaan diri.

Mengekspresikan diri Anda

Banyak terapis menyarankan seseorang untuk mengekspresikan diri, khususnya yang mengalami low self-esteem. Alasannya adalah mengatakan kebenaran itu baik dan dapat mendorong rasa percaya diri.

Saran Rosenberg, mengatakan tentang apa yang Anda alami adalah cara positif dan bijak untuk menjadi diri yang autentik.

Pernyataan dan tindakan sejalan

Berbicara dan mengambil tindakan dapat meningkatkan kepercayaan diri seseorang. Cobalah untuk ambil tindakan menuju ke arah tujuan. Meski kadang gagasan melayang ditiup angin dan tak percaya diri untuk merealisasikan.

Sesekali perlu berani mengambil risiko, dengan begitu sesuatu hal yang positif akan ditemukan.

Berhenti mengkritik diri sendiri

Kritik memang membangun, tetapi kritik bisa menghentikan langkah. Cara meningkatkan percaya diri menurut ahli yang keempat adalah dengan berhenti mengkritik diri sendiri dan negative self-talk. Kebiasaan ini hanya akan membuat semakin ragu untuk mengejar tujuan.

Memuji diri sendiri

Meskipun sering lupa, pujian dapat bermanfaat meningkatkan rasa percaya diri. Tak perlu mendapat pujian dari orang lain, Anda dapat memberikannya untuk diri sendiri.

Kelima kebiasaan di atas, sudah pernah Anda lakukan? Semoga rasa percaya diri selalu menyertai kemanapun kaki Anda melangkah dalam menggapai tujuan!