Kiat Membangun Rasa Percaya dalam Sebuah Hubungan
Ilustrasi (Milan Popovic/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Rasa saling percaya merupakan kunci dalam membangun sebuah hubungan. Membangun rasa percaya pada pasangan membutuhkan waktu lama, namun bisa hancur begitu saja dalam sekejap jika tidak dijaga.

Padahal, jika sebuah hubungan berjalan tanpa dilandasi kepercayaan, maka Anda dan pasangan bisa jadi lebih mudah terguncang ketika diterpa masalah.

Untuk itu, jika Anda ingin memiliki hubungan yang mendalam dan bermakna dengan pasangan, Anda bisa mempelajari cara-cara membangun kepercayaan dalam hubungan berikut ini.

Bersikap terbuka

Membangun rasa percaya dalam suatu hubungan bisa dimulai dengan bersikap terbuka. Coba lah berlaku jujur apa adanya tentang diri Anda. Kadang, membiarkan pasangan melihat bagian rapuh dalam diri penting juga dilakukan. 

Sebaliknya, Anda pun harus dapat menciptakan situasi paling nyaman bagi pasangan untuk mengutarakan sisi gelapnya. Dengan begitu, Anda dan pasangan bisa saling memahami dan mengerti luar dalam. Jika sudah begini, rasa percaya terhadap satu sama lain pun dapat meningkat.

Jangan hanya janji, berikan bukti

Banyak hubungan harus retak karena pasangan terlalu sering mengumbar janji manis dibandingkan aksi nyata.  Jika Anda ingin membangun rasa percaya dengan pasangan, maka segera hentikan kebiasaan buruk semacam ini. Sebab kalau tidak, sejauh apapun Anda berusaha mempertahankan hubungan, akhirnya akan kandas juga.

Tumbuhkan sikap saling menghormati

Cara lain membangun kepercayaan dalam hubungan yaitu bersikap saling menghormati. Meski sikap ini tumbuh secara alami, tapi kadang rasa hormat pada pasangan bisa hilang begitu saja seiring berjalannya waktu. Kalau Anda tidak ingin hal ini terjadi, maka hindari sikap bermusuhan, meremehkan pasangan, atau mengkritik pasangan tanpa alasan pasti.

Memenuhi kebutuhannya

Membangun rasa percaya dalam hubungan juga dapat Anda lakukan dengan memenuhi kebutuhan pasangan. Mungkin, Anda perlu melakukan pengorbanan, penyesuaian, dan kompromi agar hal ini dapat terlaksana. Tapi ingat, itu semua akan sebanding dengan apa yang akan Anda dapatkan nantinya. Ya, rasa percaya pasangan pada Anda yang tak ternilai harganya.

Luangkan waktu untuk quality time dengan pasangan

Memprioritaskan quality time dengan pasangan sangat dibutuhkan jika Anda ingin membangun rasa percaya dalam hubungan. Jangan biarkan kesibukan atau hal lain menginterupsi quality time Anda dan pasangan sementara waktu. Makan malam, duduk bersama, dan saling bertukar cerita tentang keseharian jadi aktivitas sempurna untuk menciptakan rasa percaya antara Anda dan si dia.