5 Pelajaran Hidup dari Kesalahan Nia Ramadhani di TikTok Awards 2020
Nia Ramadhani (Foto: Ig @officialrcti)

Bagikan:

JAKARTA - Nia Ramadhani mendapat kritikan pedas usai menjadi host di acara TikTok Awards Indonesia 2020. Nia Ramadhani dianggap gagal ketika menjadi pembawa acara bersama Raffi Ahmad acara tersebut. 

Tak cuma kata-kata, namun tindakan Nia juga menuai kritikan netizen. Bahan di twitter, potongan video saat Nia menjadi pembawa acara tersebut masuk sebagai trending topic. 

Nia Ramadhani sebelumnya sempat mengeluhkan kondisi matanya yang membuat dia tidak bisa melihat dengan jelas tulisan yang ada di teleprompter saat menjadi pembawa acara. 

Ternyata Nia sudah merasakan ketidaknyamanan dan terlintas dalam pikirannya untuk mundur di tengah acara. Nia juga sadar membuat kesalahan yang bisa membuatnya malu, bahkan istri Ardi Bakrie sempat ingin mundur di tengah acara. Semua itu diungkapkan kepada asisten pribadinya, Theresa Wienathan, di program Nyonya Boss.

"Capek loh Ther, dari awal segmen pertama, terus turun, gua bilang 'gua gak bisa pakai ini'. Gua udah ngomong kan. Terus gua bilang kan, gak lama udah terucap dari gua, apa gua mundur aja," tutur Nia dikutip dari siaran langsung Trans TV, Minggu, 7 Februari.

Selain video tersebut, Nia juga mengungkapkan isi hatinya lewat tayangan Nyonya Boss Trans TV, Senin, 8 Februari. Nia juga sempat menceritakan isi hatinya lewat insta story. Berikut VOI rangkumkan 5 pelajaran hidup dari kesalahan Nia Ramadhani di Tiktok Awards 2020.

1. Manusia Tak Ada yang Sempurna

Klise, tapi begitulah kenyataannya. Melalui Instagram Story, Nia Ramadhani memberikan pesan pengingat tidak hanya untuk dirinya tapi untuk semua orang. "Aku mau ingetin kalian bahwa setiap manusia punya keterbatasan, jangan saling hujat, jangan saling menjatuhkan," kata Nia. "Dan satu yang penting, dalam keadaan sulit jangan hiraukan apa kata dunia," sambungnya. Menurutnya, tidak perlu sibuk mendengar apa kata dunia, tapi justru mencari tahu apa pesan yang ingin disampaikan Tuhan. Karena dia percaya, selalu ada pesan yang ingin Tuhan sampaikan dari setiap peristiwa. "Lihatlah ke dalam dan carilah pesan apa yang ingin Tuhan sampaikan pada kita, karena penting untuk kamu ingat bahwa semua yang terjadi pada kita, semua sudah diatur dan sudah diizinkan," tuturnya.

Nia Ramadhani tak menyalahkan siapa pun, artis berusia 30 tahun ini sadar bahwa peristiwa itu terjadi karena kesalahannya sendiri. "Nangisnya tuh kesel, gue enggak kesel sama keadaan sama siapa, tapi gue kesel sama diri gue sendiri, gue enggak bisa," tuturnya.

2. Kesalahan Kecil bisa Berakibat Vatal

Karena satu kesalahan yang diperbuat, Nia merasa reputasinya yang telah dibangun puluhan tahun rusak seketika. "Berapa belas tahun gue bangun nama gue, dalam tiga jam cuma perkara masalah beginian gue ngerasanya kayak jelek gitu," ujarnya.

3. Boleh Salah, Tapi Tak Boleh Menyerah

Nia Ramadhani sadar keterbatasannya dan sempat ingin mundur. Setelah selesai di segmen pertama, Nia sempat ragu dan ingin mundur dari acara tersebut.  Tapi di sisi lain dia merasa harus bersikap profesional dan menyelesaikan tugasnya sebagai pembawa acara.

"Tapi otak gue masih jalan 'enggak bisa Nia lo mundur, apaan lo, lo profesional, lo selesaikan,' tapi gue juga bingung, gue nanya juga sama diri gue 'lo selesaiinnya gimana?'" tutur Nia  kata Nia dikutip dari tayangan Nyonya Boss Trans TV, Senin, 8 Februari.

4. Perundungan itu Menyakitkan

Setelah acara selesai, Nia mendapat kiritik bahkan sampai hujatan yang sangat pedas dari netizen. Seolah-olah, Nia todak menyadari kesalahannya. Padahal kenyataannya, Nia sadar benar penampilannya tidak maksimal. Perundungan yang dilakukan oleh netizen membuatnya merasa sakit hati ahkan terpukul hingga menangis. 

"Ada juga yang 'masa gitu doang lu segitunya sih', tapi menurut gue ini it's matters," kata Nia melanjutkan.

5. Cari Uang itu Susah

Nia Ramadhani menyadari tetap memiliki keterbatasan meski sudah malang melintang di dunia hiburan Tanah Air selama belasan tahun. "Kalau misalnya ada yang tanya 'lu kenapa kemarin?' Jawab Nia 'gue enggak mampu'. Udah, enggak usah panjang-panjang," ujar Nia.  

Nia Ramadhani mengambil pelajaran agar ke depannya bisa menjadi host yang lebih baik. "Buat benerin diri ke depannya. Gue sudah lakukan yang semampu gue, gue sudah lakukan," ucap Nia Ramadhani.

Unggahan akun twitter @haronamd memberikan gambaran mencari uang tidaklah mudah dengan keterangan "Alasan kenapa bayaran Raffi Ahmad gede," di video kompilasi kesalahan Nia ramadhani. 

Terkesan cuma asal bicara, ternyata Raffi maupun Nia perlu kemampuan mumpuni. Yang kita anggap mudah tidaklah semudah yang dibayangkan. Raffi memberikan penjelasan lebih lanjut bawa saat acara awards durasi menjadi hal yang utama. "Ribet kalau di award begini. Durasi, durasi," kata Raffi video klarifikasi yang diunggah di kanal YouTube Rans Entertaiment.