Idap Epilepsi, Amanda Manopo Bisa Tumbang Bila Terlalu Lelah Bekerja
Amanda Manopo (Instagram/@amandamanopo)

Bagikan:

JAKARTA - Aktris Amanda Manopo membuat pernyataan terbaru mengenai kondisi kesehatannya. Melalui podcast bersama Kemal Palevi, Amanda mengatakan bila ia mengidap penyakit epilepsi atau gangguan ketika aktivitas sel saraf diotak terganggu sehingga bisa mengakibatkan tubuh mengalami kejang.

Oleh karena itu, Amanda menjelaskan bila ia tidak bisa terlalu lelah dalam melakukan aktivitas. Karena ketika ia sudah terlalu capek, maka akibatnya akan fatal bagi dirinya.

"Gua epilepsi. Jadi, gue ada epilepsi dan kalau gua sudah capek banget, gue forsir, itu gua tumbang," ujar Amanda Manopo dikutip VOI di kanal YouTube Kemal Palevi, Kamis, 19 Oktober.

Menyadari mengenai penyakitnya, wanita berusia 23 tahun ini akhirnya mencoba berdamai dengan sakitnya tersebut dengan menjaga pola hidup yang lebih baik. Salah satunya ialah mengatur jadwal istirahat dan bekerja.

"Apapun yang terjadi, jam 9 kita (syuting) harus sudah selesai. Supaya kita punya imun yang sehat, kita punya pemikiran yang sehat, kita nggak marah-marah. Jadi kita punya waktunya itu algoritmanya juga enak. Kalau sekalinya pulang lagi, lu tidur akan berantakan dan itu nggak sehat untuk bagian otak," sambung Amanda.

Pemain film Indigo: What do you see? ini menjelaskan hal yang bisa memicu epilepsinya kambuh, yaitu ketika ia terlalu banyak berpikir yang akhirnya membuat tidurnya tidak nyaman.

"Karena sesuatu yang ke-trigger aja sih. Biasanya capek otak kalau terlalu mikir atau nggak tidurnya nggak nyaman. Jadi kalau aku lebih berasa tidur, jadi tidur tuh kayak kejang," tuturnya.

Melihat hal ini, banyak warganet yang memuji dan mendoakan mantan kekasih Billy Syahputra ini untuk cepat sembuh atau selalu dalam keadaan sehat.

"Tetap semangat Manda segala penyakit pasti ada obatnya, semoga nanti bisa sembuh total," ujar akun @rasi*****.

"Manda yang tidak cengeng tapi tetap tegar dengan pembuktiannya mengukir prestasi. Doa yang terbaik untuk Manda. Semoga selalu dalam lindungan Allah. Aamiin," tulis akun @yuli*****.

"Manda tetap sabar jangan sampai mikir yang nggak-nggak di luar sana. Tetap semangat, jaga kesehatan, Tuhan pasti menjaga dan melindungi siang dan malam. Manda anak baik, jangan hiraukan orang-orang yang sirik sama kamu, tunjukkan karya-karya kamu," timpal akun @user*****.