Melepas Penat <i>Lockdown</i> di Jalur Hiking Favorit di Eropa
Jalur hiking dalam hutan )Wikimedia Commons/Horvabe)

Bagikan:

JAKARTA - Pandemi COVID-19 berkepanjangan dan diikuti penguncian wilayah, membuat masyarakat di dunia mengalami kebosanan, tak terkecuali warga Hongaria. Untuk mengusir penat penguncian wilayah, warga Hongaria mendatangi National Blue Trail.

Memiliki jalur berliku dan membentang sepanjang 700 mil dari perbatasan barat Hongaria dengan Austria di timur laut, Blue Trail yang diresmikan pada tahun 1938 ini merupakan jalur hiking jarak jauh pertama di Eropa.

Bahkan, National Geographic memasukan kawasan ini di antara destinasi perjalanan wisata terbaik di dunia pada tahun 2020. 

“Orang-orang telah menyadari bahwa menghabiskan waktu di hutan dapat memberikan dampak penyembuhan yang luar biasa, mengurangi stres, ada udara segar dan ketenangan, sehingga Anda merasakan waktu yang berbeda,” kata Csaba Nemeth, seorang pemandu di National Blue Trail seperti melansir Reuters.

national blue line
Jalan utama di Holloko. (Wikimedia Commons/Horvabe)

Cuaca musim dingin tidak menyurutkan daya tarik jalur ini. Banyak keluarga yang datang pada akhir pekan yang berkabut lewat Desa Pilisszentlaszlo, utara Budapest.

Seperti yang dilakukan oleh Keluarga Miklosi bersama istri dan keenam anaknya yang berjalan sejauh 10 km di kawasan ini. Sejak lama merencanakan untuk menyelesaikan penjelahan kawasan ini dalam lima tahun, Miklosis harus tertahan lantaran pandemi.

“Anda bisa sedikit melupakan masalah sehari-hari Anda dan melepaskan diri dari pengalaman dan kesan negatif yang Anda dapatkan setiap hari,” kepala keluarga ini, Tibor Miklosi

National Blue Trail (dalam bahasa Hongaria: Országos Kéktúra, Kéktúra) adalah jalur nasional di Hongaria yang digabungkan ke dalam European Long Distance Walking Route E4. 

national blue line
The Castle of Vázsonykő. (Wikimedia Commons/Horvabe)

Rute dimulai di atas Gunung Irottkő (884 m) di perbatasan Austria-Hongaria kemudian melintasi Hongaria yang akhirnya berakhir 1.168 km kemudian di desa Hollóháza di perbatasan Hongaria-Slovakia. 

Nama Kéktúra (Jalur Biru) mengacu pada penandaan jalur itu sendiri: ini adalah garis biru horizontal di antara dua garis putih. Semua segmen jalan setapak dapat diakses secara bebas oleh publik; tidak ada biaya yang harus dibayar atau izin diperoleh, hanya ada satu feri untuk mengambil alih sungai Donau antara Visegràd dan Nagymaros di mana Anda harus membeli tiket.

national blue line
Pusat Kota Koszeg. (Wikimedia Commons/Horvabe)

Selama perjalanannya, Blue Trail mengunjungi pemandangan alam dan buatan manusia yang paling indah di Hongaria. Seperti lebih dari selusin benteng dan kastil, menara pengintai, tiga Situs Warisan Dunia Hongaria (panorama Budapest dari perbukitan, desa tua Hollókő dan Gua Stalaktit Aggtelek), Danau Balaton, Bendungan Danube, gunung berapi bekas dari Cekungan Tapolca dan lainnya.

Menurut survei GPS terbaru yang dilakukan pada tahun 2020, panjang totalnya diukur menjadi 1.168,2 km dan total perubahan ketinggian (pendakian) ditemukan menjadi 30.213 meter dengan arah Barat-Timur di seluruh rute.

Terkait