<i>Cobweb</i> Jadi Pembuka, Berikut 16 Film yang Akan Tayang di KIFF 2023
Song Kang Ho dalam film Cobweb (Barunson E&A)

Bagikan:

JAKARTA - Gelaran Korea Indonesia Film Festival (KIFF) 2023 akan hadir di tahun ini. Memasuki tahun penyelenggaraan ke-14, KIFF bertekad untuk menghadirkan film Korea Selatan dan Indonesia dengan cerita yang beragam.

KIFF 2023 mengumumkan 16 film yang bisa ditonton lewat acara KIFF 2023 yang terdiri dari 12 film Korea Selatan dan 4 film Indonesia. Film-film yang ditayangkan adalah film yang dirilis antara tahun 2022 dan 2023.

Film terbaru Kim Jee Won, Cobweb diumumkan sebagai film pembuka yang menandakan KIFF 2023 resmi digelar. Seluruh film ini bisa disaksikan di CGV Grand Indonesia di Jakarta, CGV 23 Paskal di Bandung, CGV Jwalk di Yogyakarta, dan CGV Marvell City di Surabaya mulai 20 Oktober hingga 22 Oktober 2023.

Seluruh film di KIFF 2023 bisa ditonton dengan membayar Rp15.000 melalui CGV App atau offline sesuai jadwal penayangan. Berikut adalah daftar 16 film yang akan tayang di KIFF 2023:

Cobweb

Cobweb menjadi film pembuka KIFF 2023 yang eksklusif tayang perdana melalui festival ini. Cobweb menceritakan sutradara Kim Yeol (Song Kang Ho) yang mendadak ingin mengubah akhir cerita dari film terbarunya. Keputusan ini bertentangan dengan para kru dan produser termasuk lembaga sensor di era tersebut yang sangat ketat. Berlatar tahun 1970-an, film ini memotret perjuangan seorang sutradara menyelesaikan filmnya.

Confidential Assignment: International

Sekuel dari salah satu franchise tersukses di Korea Selatan kembali menghadirkan detektif Lim Chul Ryung (Hyun Bin) yang ditugaskan mencari pemimpin organisasi kriminal rahasia bernama Jang Myeong Jun (Jin Sun Kyu). Mereka dibantu oleh Kang Jin Tae (Yoo Hae Jin) serta anggota FBI, Jack (Daniel Henney) dalam misi baru.

Hero

Film musikal ini mengisahkan Ahn Jung Geun (Chung Sung Hwa), seorang komandan tentara Korea yang mengincar Ito Hirobumi yang menjajah Korea. Di sisi lain, Seol Hee (Kim Go Eun) melakukan penyamaran untuk menyampaikan informasi demi menyelamatkan negara mereka.

Broker

Dua orang pria melakukan pencurian bayi untuk menjual di pasar gelap. Suatu hari mereka bertemu dengan seorang ibu muda yang baru membuang anaknya di gereja. Namun, mereka malah bertemu dan bekerja sama untuk mencari orang tua baru untuk sang anak. Broker merupakan film Korea pertama yang disutradarai Hirokazu Koreeda.

The Ghost Station

Film horor The Ghost Station mengisahkan Nayoung (Kim Bo Ra) yang mencari berita eksklusif. Dibantu Woo Won (Kim Jae Hyun), dia mengetahui ada beberapa kasus kematian di stasiun bawah tanah Oksu. Penyelidikan itu membawa mereka menuju serangkaian kejadian aneh dan mereka harus menyelamatkan diri.

The Roundup: No Way Out

Ma Seok Do (Ma Dong Seok) bergabung dengan sebuah kelompok untuk memecahkan kasus pembunuhan. Ia mulai menginvestigasi siapa dalang di balik kejadian tersebut. Dibintangi Lee Joon Hyuk, The Roundup merupakan salah satu franchise film Korea tersukses.

Switch

Film Switch mengisahkan Park Gang (Kwon Sang Woo), seorang aktor terkenal penuh skandal. Ia memiliki seorang manajer, Jo Yoon (Oh Jung Se) yang punya cita-cita menjadi aktor. Suatu hari, Park Gang terbangun menjadi pria biasa dengan istri dan kedua anak sementara Jo Yoon menjadi aktor terkenal sesuai impiannya.

The Moon

Hwang Sun Woo (Doh Kyungsoo EXO) merupakan seorang mantan tentara Angkatan Laut dan lulusan fisika molekuler. Ia terpilih sebagai salah satu astronot yang melakukan misi penerbangan sebagai anggota termuda. Suatu ketika angin surya menyerang pesawat ruang angkasa dan membuat rekan astronotnya meninggal dunia. Hwang Sun Woo tersisa sebagai satu-satunya astronot yang masih hidup dan mencari cara untuk bertahan diri di luar angkasa.

Alienoid

Di masa dinasti Goryeo, penganut Tao mencoba mengambil pedang misterius. Di masa kini, para alien muncul di bumi dan merusak tatanan manusia. Pintu Goryeo dan Bumi terhubung dan membuat para alien bertarung dengan para anggota kerajaan. Alienoid diperankan Ryu Jun Yeol, Kim Woo Bin, Kim Tae Ri, serta So Ji Sub.

The Childe

The Childe berfokus kepada Marco (Kang Tae Joo), seorang petinju kelas bawah yang hidup bertarung demi menafkahi sang ibu yang sakit keras. Marco sebagai juara di lapangan berhasil memukau klien-kliennya namun di sisi lain Marco sedang mencari sang ayah. Pencarian itu berujung kepada ancaman kepada Marco.

Phantom

Berlatar belakang tahun 1933, kelompok gerakan kemerdekaan Phantom berusaha membunuh Gubernur Jenderal. Lima orang ini diduga menjadi Phantom dan dikurung dalam sebuah hotel sehingga mereka berupaya untuk bebas sebelum identitas mereka terkuak.

Smugglers

Pada tahun 1970, para haenyeo atau wanita penyelam ditugaskan untuk mencari ikan di laut agar bisa dijual di pasar. Ingin bangkit dari kemiskinan, mereka bekerja sama menjadi penyelundup laut dan berusaha menghindari dari inspeksi kepolisian.

Hello Ghost

Kresna (Onadio Leonardo) selalu gagal melakukan upaya bunuh diri dan dia dikelilingi oleh empat orang hantu yang selalu mengikutinya. Di sisi lain, Kresna dirawat oleh Linda (Enzy Storia), seorang perawat yang tulus menjaga Kresna hingga Kresna menyadari arti hidup.

Autobiography

Rakib (Kevin Ardilova) bekerja untuk Purna (Arswendy Beningswara), pensiunan tentara yang mencalonkan diri sebagai walikota. Rakib membantu Purna melakukan promosi hingga ia menemukan rahasia di balik sosok Purna yang menjadi panutan.

Susuk: Kutukan Kecantikan

Disutradarai Ginanti Rona, film ini mengisahkan Laras (Hanna Malasan), PSK yang terbunuh oleh kliennya tapi tubuhnya ditolak karena ia memakai susuk. Keluarganya mencari cara untuk menyembuhkan susuk dari tubuhnya yang juga menjadi teror bagi orang di sekitar.

Ketika Berhenti di Sini

Dita (Prilly Latuconsina) tidak bisa menerima kepergian Ed (Bryan Domani) sementara ia sudah memiliki kekasih, Ifan (Refal Hady). Dita berusaha memilih antara masa lalunya atau bersama dengan orang yang ia sayangi saat ini.