5 Cara yang Bisa Dilakukan saat Terpuruk
Ilustrasi cara yang bisa dilakukan saat terpuruk (Freepik/benzoix)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Ada kalanya seseorang mencapai titik terendah tetapi tetap berupaya yang terbaik untuk mencapai tujuan. Ini bisa didorong pengalaman tertentu, seperti setelah dijatuhkan berkali-kali, patah hati, atau berlari tanpa henti sampai-sampai kehabisan tenaga. Saat kondisi terpuruk, Anda mungkin memerlukan cara efektif untuk bangkit kembali. Untuk itu, Homaira Kabir, penulis Goodbye Perfect dan peneliti memberikan cara yang bisa dilakukan saat terpuruk berikut ini.

1. Pertahankan rutinitas

Pastikan Anda memiliki rutinitas yang memenuhi kebutuhan fisik Anda. Seperti mendapatkan tidur nyenyak, makan enak, dan gerakan yang cukup untuk mencapat cukup energi. Penting pula menyeleksi keperluan prioritas untuk dikerjakan dahulu. Supaya Anda tidak semakin terpuruk karena terlalu banyak agenda. Anda juga bisa melakukan kebiasaan baru yang berdampak besar pada energi dan kesejahteraan. Paling penting lagi, pastikan memiliki dan menjalankan rutinitas sehari-hari tersebut.

2. Menahan diri dari hal-hal negatif

Manusia terprogram untuk fokus pada hal-hal negatif saat sedang terpuruk. Hal-hal positif tidak sempat diperhatikan saat down. Inilah kenapa Anda perlu tetap menahan diri dari hal-hal negatif. Anda bisa menanamkan energi positif meski membutuhkan energi lebih.

cara yang bisa dilakukan saat terpuruk
Ilustrasi cara yang bisa dilakukan saat terpuruk (Freepik/benzoix)

3. Prioritaskan beban kerja Anda

Banyak orang mudah terdistraksi, apalagi saat sedang terpuruk. Alih-alih memecah kesedihan dengan hal negatif, lebih baik mengalokasikan energi untuk prioritas Anda. Apa yang harus Anda kerjakan, usahakan jangan ditunda. Lakukan hal-hal kecil tetapi berarti besar untuk memenuhi tanggung jawab.

4. Ciptakan waktu ternyaman

Anda bisa mengalokasikan waktu untuk me time, atau melakukan hal lain yang bisa membuat Anda nyaman. Tetapi pastikan memberikan batasan, misalnya pada pagi, sore, atau jam makan siang. Dengan menyenangkan diri ini, memberi Anda rasa pencapaian terlebih kalau sesuai dengan yang Anda rencanakan.

5. Mendatangkan kegembiraan

Kegembiraan bisa datang dengan hal sederhana, misalnya Anda membeli bunga segar untuk menghias meja kerja. Bisa juga memendarkan aroma manis di ruang kerja Anda. Temukan hal yang membuat Anda lebih gembira.

Saat terpuruk, menurut Kabir, kita seperti dalam tempat gelap. Kadang membuat kita mudah lupa bahwa hidup ini singkat jika hanya berjibaku dengan keterpurukan. Maka Anda bisa menggunakan lima cara untuk menghalau keterpurukan di atas.